Pekerjaan Staff Bandara

Pekerjaan Staff Bandara

Dalam dunia penerbanagn ada banyak jenis pekerjaan bukan hanya pilot dan teknisi pesawat terbang. Berjalannya operasional penerbangan melibatkan banyak pihak (bidang pekerjaan) untuk saling membantu satu sama lain. Salah satu dari banyaknya pekerjaan adalah staff bandara.

Pekerjaan staff bandara tentunya bukan lagi profesi yang asing bagi sobat Dirgantara. Karena setiap bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan transportasi udara. Maka, sobat Dirgantara akan melalui bandara terlebih dahulu sebagai station untuk dapat terbang menggunakan pesawat.

Di bandara sobat Dirgantara akan menemui pekerja yang menjadi staff bandara yang siap melayani keberangkatan dan juga kedatangan dari para penumpang. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai pekerjaan staff bandara yang menguntungkan dan ternyata juga banyak diminati. Berikut ini bisa sobat Dirgantara simak berbagai penjelasannya.

Apa Itu Staff Bandara?

Pelayanan yang diberikan oleh staff bandara, sumber: ptjas.co.id

Staff bandara adalah pekerjaan dalam dunia penerbangan yang memiliki tanggung jawab memberikan pelayanan kepada seluruh penumpang pesawat terbang. Pelayanan diberikan kepada penumpang selama masih berada di darat atau kawasan bandara. 

Pekerjaan staff bandara biasanya disediakan oleh maskapai penerbangan (airline) dan pihak otoritas bandara. Keduanya saling bekerja sama untuk berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang serta membantu dalam kesuksesan operasional penerbangan.

Untuk tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh staff bandara antara lain seperti.

Keamanan penumpang dan barang bawaan.

Memandu penumpang.

Membantu proses check-in.

Membantu dalam penerbitan boarding pass.

Membantu dalam proses pengangkutan/penitipan bagasi ke pesawat terbang.

Pengecekan visa dan paspor.

Mendukung operasional penerbangan.

Bisa sobat Dirgantara lihat bahwa semua pekerjaan yang dilakukan oleh staff bandara berhubungan dengan pelayanan. Jadi, kenyamanan dan keamanan selama di bandara akan sangat tergantung pada proses pelayanan staff dan didukung dengan penunjang fasilitas.