Menghargai Orang Lain Dengan Baik

Menghargai Orang Lain Dengan Baik

Menghargai Orang Lain Dengan Baik

Kunci memperlakukan orang lain dengan sikap menghargai adalah dengan memperlakukan mereka sebagai mana Anda ingin orang lain memperlakukan Anda. Ketika berurusan dengan orang yang sulit, temukan alasan atau masalah dibalik perlakuan mereka yang tidak menghargai Anda. Maka Anda akan dapat menguasai situasi kemudian memperlakukan mereka dengan baik. Selain cara tersebut, berikut adalah cara lain yang bisa Anda terapkan untuk menghargai orang lain:

Akui nilai intrinsik orang lain sebagai manusia

Mengabaikan nilai dasar seseorang sebagai manusia adalah tindakan yang berhubungan erat dengan tindak rasisme, pelecehan seksual, dan tindakan lain yang merendahkan. Pada remaja, sering kali tindakan tidak menghargai ini berujung pada kenakalan anak jaman sekarang seperti kejahatan seksual dan perpeloncoan di lingkungan sekolah. Pahami bahwa setiap manusia memiliki arti tidak peduli siapa pun dan Anda patut mengakuinya.

Akui otonomi pribadi orang lain

Mengakui otonomi pribadi orang lain berarti mengijinkan mereka ruang untuk mempraktikkan cara membuat keputusansendiri dan memercayai pilihannya tersebut. Tentu saja Anda dapat menawarkan bantuan atau memberi nasehat tetapi pada akhirnya setiap orang harus tahu cara mengambil keputusan untuk dirinya sendiri.

Hargai ide dan gagasan orang lain

Menghargai ide dan gagasan orang lain berarti Anda mendengarkan ide, opini, dan nasehat orang lain dengan pikiran terbuka. Bahkan jika Anda tidak setuju dengan mereka, dengarkan apa yang mereka pikirkan dan mereka pedulikan.

Menghargai adalah cara mengekspresikan perasaan kita terhadap orang lain secara tidak langsung. Tindakan tersebut adalah bentuk komunikasi nonlisan yang dapat membangun hubungan yang kokoh antara orang yang saling menghargai. Ketika seseorang menghargai orang lain maka itu berarti orang tersebut menghormati orang yang ia hargai. Saran-saran dan nasehatnya penting bagi orang tersebut.

Pertimbangkan bahwa orang lain sama bernilainya seperti Anda

Penting untuk mengingat bahwa setiap individu sama berharganya seperti Anda dan Anda harus menghargai mereka sebagaimana Anda ingin mereka menghargai Anda. Ini artinya Anda tidak seharusnya melakukan sesuatu yang Anda tidak ingin orang lain lakukan terhadap Anda.

Hargai diri sendiri

Karena Anda ingin orang lain menghargai Anda sebelum itu penting untuk tahu cara meningkatkan keyakinan diri agar Anda mampu memandang diri Anda sendiri sebagai pribadi yang sama berharganya seperti orang lain. Dengan mengetahui cara agar percaya diri, berarti Anda memberi diri Anda penghargaan yang ingin Anda berikan pada orang lain.

Jadilah pendengar yang baik

Ciri-ciri teman yang baik dan tulus salah satunya adalah dengan cara memberikan motivasi pada teman yang sedang membutuhkan. Namun tidak selamanya Anda harus memberi nasehat dan membantunya menyelesaikan masalah. Terkadang yang mereka butuhkan hanyalah seseorang untuk mendengarkan. Jaga kontak mata dengan orang lain ketika mereka sedang bicara dan perhatikan apa yang mereka bicarakan. Jika perlu matika ponsel Anda atau ubah ke dalam mode silent untuk menghindari gangguan ketika sedang mengobrol.

Jangan mencampuri waktu dan privasi orang lain

Berkaitan dengan poin 2, tidak selamanya Anda dapat ikut campur dalam hidup orang lain terutama privasinya. Meski Anda bisa melakukan sesuatu untuk menolong teman Anda yang tentang cara memilih pendamping hidup yang baik atau sedang memiliki masalah keluarga, Anda tidak bisa begitu saja mencampuri tindakan, gagasan, dan privasinya karena mungkin ia memiliki cara mengatasi

masalah keluarga sendiri. Selain itu pahamilah bahwa setiap orang memiliki waktunya yang pribadi sebagai cara membahagiakan diri sendiri. Berhati-hatilah untuk tidak mengganggu atau menyela ketika seseorang sedang melakukan sesuatu seorang diri.

Bersikap sopan santun

Menerapkan sikap sopan santun dan menanamkannya sebetulnya sangat sederhana. Mengatakan ‘terima kasih’, ‘tolong’, dan ‘maaf’ sebenarnya sudah mencerminkan kesopanan Anda. Sopan santun ini juga menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu dan usaha orang lain membantu Anda dan itu akan membuat mereka merasa dihargai. Contoh lain sikap sopan santun adalah tidak menyela pembicaraan. Jika Anda memiliki sesuatu untuk dikatakan, tunggulah waktu yang tepat untuk menyela.

Sebagai orang yang menerima pendidikan keluarga dan cara mendidik anak yang tepat dari orang tua, sudah semestinya kita menghargai orang lain tanpa memandang kelas sosial atau perbedaan apapun. Tidak hanya anak, orang tua yang tahu cara menjadi orang tua yang baik pun tidak hanya akan menyayangi anaknya tetapi juga menghargai mereka, apa yang mereka pikirkan, gagasan yang mereka miliki, dan banyak lagi. Siapa kita dan peran apa yang kita miliki tidak seharusnya membedakan sikap kita dalam menghargai orang lain.