LITERASI PERSIAPAN PEMBELAJARAN TAHUN 2021/2022 - KIAT BELAJAR SUKSES DI MASA PANDEMI

LITERASI PERSIAPAN PEMBELAJARAN TAHUN 2021/2022 - KIAT BELAJAR SUKSES DI MASA PANDEMI

Belajar secara online di masa pandemi adalah solusi terbaik yang harus kita ikuti. Walaupun Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berbasis internet tidak lagi dilakukan di dalam kelas, tetapi kita masih bisa menyelengarakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menggunakan berbagai aplikasi belajar online yang sesuai fungsi dan manfaatnya masing-masing. Adapun salah satu bentuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah google classroom, whatsapp, zoom meeting, google meet atau website pribadi milik sekolah.

Sayangnya, metode belajar online ini masih menimbulkan berbagai polemik. Kita pasti pernah mendengar jika metode belajar online yang diterapkan sejumlah sekolah di Indonesia masih belum efektif, bukan? Sebagaimana yang kita ketahui, saat menggunakan aplikasi belajar online, operator seluler menjadi bagian dari operasional belajar mengajar, sehingga kita harus menyediakan biaya tambahan untuk mengikuti sistem pembelajaran berbasis internet. Tidak hanya kuota seluler, device yang dipakai tentunya juga harus mendukung.

Dalam beberapa kasus ditemukan bahwa masih banyak pelajar dengan sarana dan prasarana yang belum memadai dalam mendukung proses KBM secara daring. Di beberapa daerah yang sulit mendapatkan sinyal tentunya sangat berpengaruh terhadap efektivitas belajar secara oniline atau daring. Tidak hanya keterjangkauan sinyal, ketersediaan perangkat juga menjadi kendala belajar bagi beberapa siswa. Sampai saat ini, banyak pelajar mengalami hambatan dalam mengikuti proses belajar online lantaran tidak tersedianya perangakat atau handphone. Akan tetapi sebaliknya, tidak sedikit juga siswa yang memilki perangkat atau sarana dan prasarana memadai justru malah tidak mengikuti proses KBM daring. Hal itu umumnya dikarenakan karena malas dan kurangnya kesadaran pada diri akan pentingnya pembelajaran online.

Keterbatasan merupakan salah satu sisi dari beberapa komponen di atas yang dapat menyebabkan terhambatnya proses belajar. Faktor kebiasaan juga masih menjadi masalah, beberapa di antara kita tentu pernah merasakan kondisi ketidaknyamannya belajar tanpa kontak fisik dari pendamping atau guru. Peran guru di sekolah saat ini digantikan oleh orangtua di rumah, sayangnya tidak semua orangtua siswa mampu mendampingi anaknya saat mengikuti proses belajar online.

Alangkah baiknya jika pembelajaran daring ini sebagai bahan pembelajaran yang melatih peserta didik untuk memecahkan berbagai masalah. Dalam pemecahan masalah tersebut dibutuhkan pemikiran yang kritis, sistematis, holistik lintas disiplin, dan kreatif. Nah, selain komponen pendukung diatas, kita juga perlu menciptakan kondisi rumah dan lingkungan agar nyaman untuk belajar. Berikut beberapa tips kiat belajar online di masa pandemi yang efektif kita terapkan di rumah, diantaranya:

1. Carilah tempat nyaman

          Tempat yang nyaman merupakan salah satu kunci agar belajar tetap fokus. Kita bisa mencari tempat atau ruangan seperti sudut rumah yang nyaman untuk belajar. Kita juga bisa mendekorasi area meja belajar sekreatif mungkin untuk menambah semangat dan mood belajar. Dengan adanya tempat dan lingkungan yang nyaman, maka proses belajar juga dapat dilaksanakan dengan menyenangkan.

  1. Jaga Manajemen Waktu

          Atur waktu belajar dengan teratur. Kerjakan dengan fokus tugas yang dibebankan guru. Bagi pelajar yang belum terbiasa belajar mandiri, biasanya mereka akan mengerjakan tugas-tugas sekolah di menit-menit terakhir tenggat waktu yang ditetapkan. Oleh sebab itu, membiasakan diri untuk belajar dan mengerjakan tugas di awal waktu adalah keterampilan yang mesti ditanamkan sejak dini kepada tiap siswa yang melakukan remote learning. Penanaman kebiasaaan belajar mandiri pada anak sejak dini sangat diperlukan dengan harapan agar dapat terbentuk karakter anak yang disiplin, mandiri, dan tanggung jawab.

 

  1. Diskusi

           Belajar di rumah juga perlu diskusi yang bisa dilakukan secara online maupun offline. Dalam suatu diskusi tentunya terdapat banyak pendapat dari masing-masing peserta diskusi. Kemudian dari pendapat-pendapat tersebut tentunya terdapat satu atau beberapa alternatif jawaban terbaik. Dengan diskusi, kita terlatih untuk mengambil alternatif jawaban terbaik secara saksama. Melalui diskusi kita  terdorong menggunakan kemampuan pengetahuan dan pengalaman untuk memecahkan suatu masalah, tanpa selalu bergantung pada pendapat orang lain. Mungkin akan ada perbedaan sudut pandang, sehingga memberikan jawaban yang berbeda juga. Namun, hal tersebut tidak menjadi persoalan asalkan pendapat tersebut logis dan mendekati poin kebenaran. Jadi, secara tidak sadar kita terlatih untuk berpikir ktitis dan memecahkan masalah secara mandiri.

 

 

  1. Komunikasi dengan guru dan teman belajar

          Pandemi Corona Virus Disease mengubah pola pembelajaran dari tatap muka menjadi jarak jauh, baik secara daring maupun luring. Meskipun kita belajar dengan jarak jauh dari pengajar, bukan berarti kita bebas bersantai dan menunda tugas yang diberikan oleh guru.  Tetap jaga komunikasi dengan guru dan teman belajar. Jika dibutuhkan, kita  juga bisa membuat group chat khusus untuk membahas tugas yang diberikan. Selain itu, kita  juga bisa melaporkan tugas setiap harinya kepada guru pengampu.

 

 

  1. Jaga Kebersihan

         Di saat pandemi covid-19 seperti ini, kebersihan merupakan salah satu hal yang sangat penting diperhatikan. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan membersihkan perangkat belajar kita baik smartphone maupun laptop secara berkala. Selain itu biasakan juga mencuci tangan dengan sabun dan bersihkan tangan dengan hand sanitizer. Pastikan Anda mencuci tangan sebelum dan setelah belajar, menggunakan toilet, membuang sampah, mengenakan masker, dan menjaga jarak kontak dengan orang lain. Dengan demikian, risiko tertularnya virus covid-19  dapat di minimalisasi.

 

Demikianlah uraian tentang kiat sukses belajar di masa pandemi. Pada intinya, proses belajar di rumah menjadi nyaman apabila memiliki kondisi lingkungan yang nyaman dan mendukung. Kitalah yang harus menciptakan suasana yang nyaman versi kita masing-masing. Kita pula yang mengerti akan diri kita sendiri sehingga bisa lebih nyaman dalam pembelajaran.

Tips kiat belajar sukses di masa pandemi yang dapat kita terapkan antara lain, mencari tempat yang nyaman, menjaga manajemen waktu, menyiapkan perangkat yang dibutuhkan, melakukan diskusi dengan teman, komunikasi dengan guru dan teman belajar, serta menjaga kebersihan. Dengan adanya tips kiat belajar sukses tersebut diharapkan para siswa dapat mengimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara daring dapat berjalan dengan lancar. Selain tips kiat tersebut, peran orangtua dalam mendampingi putra-putrinya juga sangat diperlukan. Karena bagaimana pun juga orangtua juga berperan sebagai guru tak kala para siswa belajar di rumah, terutama saat mereka mengalami kesulitan dalam belajar.

Sebagai tambahan informasi, kegiatan pembelajran tatap muka terbatas dengan sistem kelompok belajar akan kita laksanakan setelah masa PPKM selesai. Tetap jaga protokol kesehatan, terapkan 5 M agar kita segera berjumpa dengan keadaan sehat. 

 

Sumber:

http://www.sman1sragen.sch.id/kiat-belajar-sukses-di-masa-pandemi-1073.html

https://www.benihcemerlang.com/forum/sekolah-menengah-pertama/etika-menghubungi-guru-lewat-handphone