(Literasi Kelas XI) - Ujung Perahu dan Kapal Selalu Lancip, Mengapa Begitu, ya?

(Literasi Kelas XI) - Ujung Perahu dan Kapal Selalu Lancip, Mengapa Begitu, ya?

Apakah teman-teman pernah perhatikan, perahu dan kapal selalu berujung lancip. Mengapa begitu, ya?

Bentuk Terbaik Bagi Perahu

Hampir semua jenis perahu dan kapal di seluruh dunia berujung lancip. Seakan-akan orang-orang di seluruh dunia sepakat untuk membuat ujung perahu yang lancip ujungnya. Padahal zaman dahulu tidak semua orang dapat berkomunikasi dengan mudah seperti sekarang. Hal itu diduga karena percobaan yang dilakukan di lingkungan mereka sehari-hari. Ujung yang lancip memang bentuk terbaik bagi perahu dan kapal.

Memecah Arus Air

Ujung lancip dapat memecah arus air sehingga dapat lebih mudah dilewati oleh perahu. Bentuk lancip ini mengurangi gesekan air dengan badan perahu. Perahu pun dapat meluncur lebih lurus dan cepat dengan menggunakan ujung yang lancip. Teman-teman dapat membuktikannya dengan membuat kapal-kapalan kertas berujung lancip dan yang berbentuk kotak. Coba amati pergerakan keduanya saat digerakkan di air.

Indonesia, Negara yang Sebagian Besar Wilayahnya Laut

Sebagian besar permukaan Bumi tertutup oleh air, baik itu di laut maupun sungai dan danau. Sebelum adanya pesawat terbang, laut dan sungai adalah jalan bagi manusia untuk berpindah tempat. Tak heran apabila teknologi ini dikembangkan oleh manusia di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Sebagai sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya laut, teknologi kapal dan perahu di negara kita termasuk maju.

Apakah teman-teman mengenal jenis-jenis perahu khas Indonesia?


Sumber

Artikel : bobo.grid.id

Gambar : google.com