(Literasi Kelas XI) Kapan Waktu Olahraga yang Paling Baik untuk Tubuh? Cari Tahu, yuk!

(Literasi Kelas XI) Kapan Waktu Olahraga yang Paling Baik untuk Tubuh? Cari Tahu, yuk!

Teman-teman pasti tahu, nih, kalau olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. olahraga bisa menyehatkan tubuh karena seluruh tubuh kita akan bergerak dan organ tubuh seperti jantung, paru-paru, otot, hingga tulang juga akan bekerja keras. Ketika tubuh bekerja keras di bawah tekanan, hal ini menyebabkan tubuh kita akan berusaha untuk bertahan dan menjadi lebih kuat. O iya, olahraga juga bisa membuat suasana hati kita menjadi lebih bagus yang membuat kita merasa senang. Contohnya adalah dengan melakukan jalan santai, maka akan membuat saraf-saraf tubuh lebih tenang dan bisa meningkatkan suasana hati. Biasanya, kapan teman-teman melakukan olahraga, pada pagi, siang, atau malam hari? Sebenarnya, kapan, sih, waktu terbaik untuk melakukan olahraga? Yuk kita cari tahu!

Pagi Hari Jadi Waktu Terbaik Untuk Berolahraga

Para ahli mengatakan, waktu terbaik untuk berolahraga ternyata adalah saat pagi hati, nih, teman-teman. Di pagi hari, kita memiliki komposisi hormon yang berguna untuk melakukan olahraga dan membakar lemak. Kadar kortisol dan hormon pertumbuhan yang terlbat dalam proses metabolisme juga akan mengalami peningkatan secara alami dipagi hari.

Nah, hal ini menyebabkan teman-teman akan lebih banyak menggunakan energi dari cadangan lemak dalam tubuh, teman-teman. Selain itu, olahraga di pagi hari juga bisa membuat kita mengurangi nafsu makan sepanjang hari yang berguna bagi teman-teman yang mempunyai berat badan berlebih.

Teman-teman bisa melakukan olahraga dipagi hari, misalnya dengan berjalan-jalan di sekitar rumah bersama orangtua sebelum berangkat sekolah atau di akhir pekan, lo. Olahraga di pagi hari juga bisa menggeser ritme tubuh kita lebih awal, yang berarti akan membuat teman-teman lebih fokus saat pagi hari di sekolah dan lelah di malam hari.

Ini berarti kita akan mempunyai waktu istirahat yang cukup di malam hari, lo, teman-teman.

Olahraga Saat  Siang Hari Juga Bisa Menjadi Pilihan

Kalau teman-teman tidak sempat melakukan olahraga di pagi hari sebelum berangkat sekolah, teman-teman juga bisa, lo, melakukan olahraga saat siang hari di tengah aktivitas, misalnya. Yap, selain olahraga di pagi hari, olahraga di siang hari juga bisa menjadi pilihan waktu yang baik untuk olahraga, teman-teman. Karena dilakukan pada waktu yang berbeda, maka efek dari olahraga di siang hari tentu akan berbeda dengan di pagi hari.

Kalau olahraga yang dilakukan pada pagi hari bisa membantu untuk mengurangi berat badan, maka olahraga di siang hari biasanya akan memberi efek pada kinerja tubuh kita yang akan meningkat. Hal ini karena saat berolahraga di siang hari, tubuh kita sudah diisi dengan makanan. Dengan begitu, ada gula dalam bentuk glukosa yang tersimpan dalam tubuh kita yang membantu tubuh untuk melakukan olahraga.

Olahraga yang dilakukan pada siang hari bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatasi rasa mengantuk yang kadang-kadang kita alami saat siang hari setelah makan, lo. Selain itu, olahraga pada siang hari yang dilakukan sekitar pukul 13.00 sampai 16.00 juga bisa membantu menggeser ritme tubuh sama dengan saat olahraga di pagi hari.

Salah satu olahraga paling mudah yang bisa teman-teman lakukan adalah dengan berjalan cepat.

Bagaimana dengan Melakukan Olahraga di Malam Hari?

Kadang ada orang yang tidak sempat melakukan olahraga di pagi hari maupun siang hari. Akhirnya mereka melakukan olahraga di malam hari. Sebuah penelitian menyebutkan kalau melakukan olahraga pada malam hari sekitar pukul 19.00 sampai 22.00, tidak baik untuk tubuh karena akan membuat ritme tubuh terlambat. Nah, akibatnya adalah kita akan mengalami kesulitan tidur karena tubuh merasa terlalu lelah. Tapi pak Hackney membantah hal ini, teman-teman, karena justru ada beberapa olahraga yang justru bisa membantu untuk membuat tidur kita lebih nyenyak. Misalnya saja melakukan yoga yang bisa membuat otot-otot di tubuh menjadi lebih rileks dan membantu tidur lebih baik.

O iya, selain itu, olahraga di malam hari juga bisa membantu mengurangi kadar hormon ghrelin yang merangsang lapar sehingga membantu menurunkan berat badan, lo.

Jadi, Kapan Waktu Olahraga Terbaik?

Dari ketiga waktu berolahraga itu, Pagi Hari adalah waktu olahraga yang terbaik jika dilihat dari sisi biologi dan psikologi bagi kita.

 

Sumber

Artikel : bobo.grid.id

Gambar : google.com