jenis pekerjaan staff bandara

jenis pekerjaan staff bandara

Ada beberapa jenis pekerjaan staff bandara diantaranya:

Passenger Service

Passenger Service adalah staff yang memiliki tugas memberikan pelayanan dan membantu penumpang untuk check-in, check baggage (cek bagasi), dan menerbitkan boarding pass.

Boarding Gate Staff

Boarding Gate Staff adalah staff yang memiliki tugas untuk memastikan bahwa semua penumpang yang terdaftar dalam sebuah penerbangan sudah memasuki ruang tunggu. Serta membantu penumpang untuk menuju pintu keberangkatan dan naik ke atas pesawat.

 

Station Quality Control (SQC)

Station Quality Control (SQC) adalah staff yang memiliki tugas untuk mengontrol segala aktivitas yang berhubungan dengan kelancaran penerbanagan. Sehingga, mencegah dari terjadinya delay penerbangan pada maskapai pesawat terbang.

 

Ticketing

Ticketing adalah staff yang memiliki tugas untuk membantu penumpang yang ingin membeli tiket langsung di bandara. Serta memberikan informasi mengenai harga tiket dan lainnya mengenai penerbanagan dan kedatangan pesawat.

 

Security Check (Aviation Security)

Security Check adalah staff yang memiliki tugas dan tanggung jawab akan keamanan penerbanagan. Semua barang bawaan dari penumpang akan diperiksa terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam ruang tunggu. Jenis barang yang dilarang dibawa ke atas pesawat sudah diatur dalam regulasi penerbangan.

 

Air Traffic Control (ATC)

Air Traffic Control adalah staff yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar terhadap lalu lintas penerbangan baik saat di udara dan di daratan. Hanya orang-orang tertentu dan memenuhi kualifikasi yang bisa bekerja menjadi bagian dari staff ATC.