Cara bekerja sama dengan baik

Cara bekerja sama dengan baik

1. Membangun Tim yang Inklusif dan Beragam

Salah satu hal yang paling penting dalam kerja sama adalah fokus menciptakan tim yang inklusif dan beragam. Latar belakang tim yang berbeda-beda akan membawa perspektif dan ide-ide yang baru. Semakin banyak perspektif, semakin mudah untuk membuat keputusan yang berkaitan dengan pekerjaan.

 

2. Setiap Anggota Memiliki Tugas dan Tanggung Jawab yang Jelas

Apabila anggota tim masih ragu dengan tugas dan tanggung jawab mereka, maka menimbulkan potensi konflik dengan anggota lainnya. Itulah sebabnya, penting untuk mengetahui peran dan tanggung jawab setiap anggota dengan jelas.

 

3. Membangun Kepercayaan Tim

Kepercayaan adalah komponen yang penting untuk membangun kerja sama. Bagaimana rasanya jika bekerja dengan anggota yang tidak dipercaya? Maka pekerjaan akan terhambat dan terancam gagal Mulailah membangun hubungan yang dilandasi kepercayaan antar anggota.

 

4. Komunikasi yang Jelas dan Intens

Komunikasi adalah kunci yang penting untuk membangun kerja sama tim yang baik. Meski terdengar sangat mendasar, tetapi komunikasi menjadi salah satu hal penting untuk diterapkan. Komunikasi yang kuat juga membantu meningkatkan kepercayaan antar anggota tim satu sama lain.

 

5. Memberikan Tim Kesempatan untuk Mengambil Keputusan

Mempercayai tim untuk mengambil keputusan merupakan hal penting untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan kinerja tim. Apabila sebuah tim tidak memiliki kekuatan untuk mengambil keputusan sendiri, maka mengakibatkan pekerjaan menjadi kurang optimal.

 

6. Mengatur Waktu untuk Meeting Secara Bijak

Pertemuan tim seperti rapat, brainstorming, dan saling membagikan ide menjadi hal yang penting dalam kerja sama. Upayakan untuk membuat pertemuan tim yang fokus dan meningkatkan produktivitas. Misalnya, sebelum mengadakan pertemuan, usahakan untuk memiliki rancangan yang terstruktur di setiap pertemuan.

 

7. Tidak Perlu Takut Mengatur Dinamika dalam Tim

Apabila beberapa anggota mengalami kesulitan untuk mengatasi tanggung jawab dan tugasnya, tidak perlu takut untuk membuat perubahan dalam tim. Hal tersebut dilakukan untuk mengatur dinamika dalam tim tetap stabil dan produktif.

 

8. Memberi Kesempatan Anggota Tim untuk Belajar

Berikan kesempatan bagi anggota tim untuk belajar mengerjakan project bersama-sama. Untuk mengoptimalkan kinerja, tidak ada salahnya untuk memberikan training dan arahan (workshop). Workshop dengan pembicara yang berpengalaman dapat menjadi pembelajaran baru bagi anggota tim.