Meningkatkan motivasi belajar

Meningkatkan motivasi belajar

CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AGAR LEBIH SEMANGAT!

Banyak orang kerap mencari cara meningkatkan motivasi belajar agar membuatnya tetap fokus dan konsentrasi selama kegiatan tersebut berlangsung.

Ya, setiap orang tentu pernah mengalami demotivasi. Di mana, ia merasa suntuk dan bosan akan aktivitasnya, tak terkecuali selama kegiatan belajar saat di sekolah ataupun kuliah.

Meskipun tergolong normal, hal ini tak boleh dibiarkan begitu saja, ya. Anda harus bangkit dan berusaha mengembalikan motivasi belajar yang hilang tersebut. 

Tapi, bagaimana caranya? Berikut ulasan lengkapnya!

 

Mengenal Motivasi Belajar

Motivasi belajar adalah kekuatan dalam diri seseorang yang memicunya untuk mengerti dan memahami sesuatu.

Kehadiran motivasi belajar ini dibutuhkan agar orang tersebut dapat mempelajari sesuatu secara sungguh-sungguh.

Adapun faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar adalah kebutuhan dan keinginan setiap orang terhadap pembelajaran.

Misalnya, tujuan Anda belajar adalah untuk mendapatkan nilai yang bagus. Atau, Anda belajar karena butuh mengerti suatu teori pelajaran.

Pada intinya, Anda perlu meningkatkan motivasi ini agar bisa mencapai tujuan belajar yang diharapkanl.

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

Cara meningkatkan motivasi belajar sebenarnya dapat dilakukan dengan membuat persiapan dan mengatur pelaksanaan kegiatan tersebut seefektif mungkin, seperti:

1. Tetapkan Tujuan Belajar

Cara meningkatan motivasi belajar yang paling pertama adalah menetapkan tujuan belajar itu sendiri.

Coba pikirkan apa yang sekiranya ingin Anda capai melalui proses pembelajaran ini. Jika memungkinkan, buat juga strategi rinci untuk mencapai tujuan tersebut.

Dengan tujuan dan strategi pencapaian yang jelas, motivasi Anda dalam belajar pun diharapkan bisa terjaga bahkan terus meningkat.

2. Buat Jadwal Belajar

Cara meningkatkan motivasi belajar siswa maupun mahasiswa yang kedua adalah dengan membuat jadwal belajar.

Buatlah jadwal belajar yang jelas dan sesuai dengan kemampuan Anda. Bila perlu siapkan juga materi apa yang hendak dipelajari terlebih dahulu.

Jika bingung menentukan durasi untuk belajar per materi, Anda bisa mencobanya dengan mengetahui rentang waktu fokus berdasarkan usia setiap orang.

Menurut beberapa penelitian, cara menghitung rentang waktu ideal untuk fokus belajar adalah mengalikan usia orang yang ingin belajar dengan 2 atau 3 menit [1].

Misalnya, waktu ideal untuk fokus belajar bagi siswa berusia 16 tahun adalah 32-48 menit.

Anda pun bisa menerapkan perhitungan tersebut sesuai usia Anda. Namun, perlu dicatat bahwa perhitungan tersebut tidak dapat dijadikan sebagai satu-satunya acuan.

Sebab, ada faktor-faktor yang memengaruhi fokus, seperti seberapa banyak gangguan di sekitar Anda, rasa lapar dan lelahnya kondisi tubuh, hingga menarik atau tidaknya pelajaran.

3. Tentukan Gaya Belajar

Cara meningkatkan motivasi belajar juga bisa dilakukan dengan memahami seperti apa gaya Anda dalam menyerap materi yang dipelajari. 

Ada orang yang lebih menikmati kegiatan belajar sambil ditemani alunan musik. Ada juga yang sebaliknya, yaitu lebih suka ruangan sunyi saat belajar. 

Setiap orang memang memiliki gaya belajarnya masing-masing. Anda hanya perlu memahami seperti apa gaya belajar yang sesuai untuk diri sendiri. 

Dengan demikian, Anda dapat mengatur tempat, suara, ataupun hal-hal penunjang konsentrasi lainnya sesuai kebutuhan.

4. Hindari Gangguan saat Belajar

Cara meningkatkan motivasi belajar selanjutnya dapat dilakukan dengan menghindari hal-hal yang mengganggu fokus dan menghambat proses belajar.

Sebagai contoh, Anda bisa memilih bangku atau tempat duduk yang letaknya di tengah-tengah kelas atau jauh dari jendela apabila Anda mudah teralihkan konsentrasinya karena aktivitas yang dilakukan siswa di luar kelas.

Lalu, jika saat belajar di rumah Anda sulit fokus karena notifikasi perangkat seluler, cobalah pasang mode silent selama kegiatan belajar berlangsung.

Jadi, coba kenali dan atasi hal-hal yang sekiranya bisa mengganggu Anda selama belajar.

5. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

Meskipun terlihat sederhana, menciptakan suasana yang nyaman ternyata juga merupakan salah satu cara meningkatkan motivasi belajar.

Setiap orang memiliki cara berbeda untuk membuat suasana belajar yang nyaman.

Namun, umumnya hal ini dilakukan dengan cara menyiapkan benda-benda yang mendukung kelancaran proses belajar.

Misalnya, Anda dapat menyiapkan alat tulis dan buku terlebih dulu sebelum mulai belajar. 

Atau, Anda bisa pindah ke tempat belajar yang lebih dekat dengan stopkontak listrik agar tidak repot saat ingin mengisi daya laptop.

Dengan demikian, Anda bisa menjadi lebih nyaman dan fokus pada proses pembelajaran.