Tokoh yang Menginspirasi Kita Dalam  Dunia Penerbangan

Tokoh yang Menginspirasi Kita Dalam Dunia Penerbangan

Wright Bersaudara

Pesawat terbang saat ini telah menjadi salah satu moda transportasi yang paling digemari. Salah satu keunggulan pesawat terbang adalah kemampuannya mengangkut barang atau orang dalam rentang jarak yang jauh tapi tidak memakan waktu yang lama.

Tapi pernahkah terlintas difikiran kita siapa yang kali pertama membuat pesawat ketika kita menaiki pesawat? atau setidaknya yang menginspirasi sehingga ada ide untuk menciptakan benda yang bisa melintas menembus awan tersebut.

Wilbur Wright dan juga Orville Wright adalah dua orang kakak adik yang tercatat sebagai penemu pesawat terbang. Orville Wright lahir pada tanggal 19 Agustus 1871 dan meninggal pada tahun 1948. Sementara itu Wilbur Wright, sang adik lahir pada tanggal 16

April tahun 1867 dan wafat di tahun 1912. Mereka adalah orang Amerika yang dicatat dunia  sebagai  penemu pesawat terbang lantaran mereka sukses membangun   pesawat terbang yang mula-mula kali sukses diterbangkan & dikendalikan oleh manusia terhadap tanggal 17   Desember 1903. Dua tahun sesudah penemuan mereka, ke-2 bersaudara tersebut mengembangkan ‘mesin terbang’   mereka ke wujud pesawat terbang yang menggunakan sayap yang seperti sekarang ini kita kenal.

Wright bersaudara adalah dua dari tujuh orang bersaudara. Di sekolah dasar, Orville pernah  dikeluarkan  dari  sekolah.  Tahun  1878,  ayah  mereka  membelikan  ‘helikopter’ mainan untuk dua anak mereka yang termuda tersebut. Mainan itu dibuat dari bambu dan karet untuk memutar baling-baling nya. Wilbur dan Orville memainkannya hingga rusak, kemudian   membuat   mainan   tersebut   sendiri,   mereka   mengaku   bahwa   pengalaman bermain dengan helikopter bamboo menjadi sumber bagi ketertarikan mereka terhadap mesin yang bisa terbang.

Secara umum mereka dihargai atas desain dan perancangan pesawat terbang efektif pertama, dan membuat penerbangan terkendali pertama menggunakan pesawat terbang bermesin  yang lebih  berat daripada udara,  bersama dengan pendirian tonggak sejarah lainnya dalam bidang era dirgantara. Sebelumnya, Wright bersaudara sebenarnya berprofesi  sebagai  pengelola  sebuah  toko  di  Ohio  Amerika  Serikat.  Toko  yang  mereka kelola tersebut menjual peralatan motor dan juga melayani jasa perbaikan. Profesi tersebut sedikit banyak menyumbang pengatahuan mengenai mesin bagi kedua kakak beradik yang diketahui tidak memiliki pasangan seumur hidupnya ini.

Keingintahuan Wilbur dan Orville mendorong mereka untuk mempelajari hal-hal yang  berhubungan  dengan  penerbangan.  Mereka  juga  mulai  membuat  sejumlah  mesin yang mereka harapkan bisa mewujudkan impian mereka menerbangkan pesawat. Kemudian   mereka   mulai   membuat   tiga   pesawat   terbang   layang   bersayap   kembar. Ketiganya dites di pantai Kitty Hawk, North Carolina. Pesawat yang ketiga telah diujinya sebanyak 1000 kali penerbangan dan ternyata berhasil dengan sukses. Kemudian mereka membuat mesin motor ringan. Mesin tersebut di pasang di pesawatnya yang keempat, yang dinamakannya Wright Flyer.

Pada pukul 9.30 pagi (9.30 WIB malam) dalam cuaca dingin yang mendung pada tanggal 17 Desember 1903, Wright Bersaudara menerbangkan untuk pertama kalinya pesawat udara berkendali sejauh empat mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk, North Carolina. Mereka menyaksikan pesawat Wright Flyer dikemudikan oleh Orville, mengangkasa selama 12 detik. Kemudia pesara tersebut turun kembali setelah mencapai

37  meter  dari  tanah.  Penerbangan  tersebut  merupakan  penerbangan  pesawat  yang pertama dalam sejarah. Pesawat tersebut pada awalnya dinamai Wright Flyer, tetapi sekarang lebih populer dengan nama “Kitty Hawk”. Pesawat Flyer yang asli kini terdapat di Museum Dirgantara di Washington DC,Amerika Serikat. Dengan fakta inilah sehingga dunia mencatatkan mereka sebagai penemu pesawat terbang.