Tips Meraih Impian

Tips Meraih Impian

Tips Meraih Impian

1. Belajar selama hidup

Anak-anak sekolah dasar (SD) kadang ditanya oleh gurunya, “Apa cita-citamu?” Beragam jawaban muncul, seperti ingin jadi dokter atau pilot. Sang guru lalu memberi nasihat rajinlah belajar supaya pintar. Jika pintar kamu bisa meraih cita-citamu.

Untuk meraih impianmu, jangan malas belajar. Proses belajar itu seumur hidup. Jika kamu saat ini sedang kuliah atau bekerja, belajarlah sesuai bidang yang kamu geluti. Belajarlah banyak hal yang mengarahkanmu pada impian suksesmu. Tanpa belajar, tidak akan ada ilmu yang mendekatkan kamu pada impianmu.

 

2. Bersukacita menjalani prosesnya

Proses meraih mimpi itu tidaklah mudah. Dibutuhkan waktu yang lama pula untukmu mewujudkan impian. Bersukacitalah dalam menjalani prosesnya. Apalagi jika kamu sudah mendapatkan karunia pekerjaan maka bekerjalah dengan baik. Melalui pekerjaanmu, raihlah impian terhebatmu. Kamu bisa bermimpi punya perusahaan sendiri atau ingin menjadi bos dalam bidang yang kamu kuasai.

Kejarlah impian itu dengan penuh sukacita. Jangan bersungut-sungut atau terus-menerus menggerutu dalam proses mengejar impian. Meski jalannya berliku dan banyak kesulitan, anggap itu sebagai tantangan yang membuatmu lebih cerdas dalam usaha meraih impian. Bersukacitalah karena kamu punya impian. Karena hanya orang yang berani bermimpi berpeluang merebut kesuksesan di masa depan.

3. Hadapi setiap tantangannya

Kamu perlu menegaskan lagi kepada dirimu sendiri bahwa pasti ada tantangan dalam meraih impian. Ada tantangan kecil, ada tantangan besar. Tantangan itu bisa datang sejak kamu memulai proses belajar. Kemudian tantangan itu bisa datang lagi di saat kamu berproses mengejar impian melalui dunia kerja atau karier.

Jika kamu sudah menyadari kalau ada tantangan menuju impian maka kamu harus siap menghadapinya. Kamu harus mempersiapkan diri dengan mental yang kuat, ketekunan yang oke, juga kesabaran. Tantangan sehebat apa pun bisa kamu taklukkan dengan tiga hal itu. Maka teruslah bermimpi, setinggi mungkin, dan hadapi saja setiap tantangannya.

4. Bayangkan impianmu sejelas mungkin di alam pikirmu

Membayangkan ingin jadi dokter membuat kamu seakan-akan sedang mengobati pasien. Membayangkan kamu  jadi pilot seakan-akan kamu sudah berada di ruang kemudi pesawat. Apa yang kamu bayangkan saat ini? Apakah kamu sudah duduk di kursi big boss dan mengendalikan perusahaanmu sendiri? Apakah kamu sudah punya ratusan buku yang diterbitkan karena kamu bermimpi jadi penulis terkenal?

Proses membayangkan itu penting dan memudahkan kamu menggapai impianmu. Kamu seakan dibawa sedekat mungkin dengan impianmu dengan cara membayangkannya. Nah, setelah benar-benar yakin kalau impian itu sudah ada di dalam pikirmu, maka kejarlah dengan proses belajar, proses usaha yang penuh sukacita, dan dengan menghadapi setiap tantangannya.

5. Kenali sarana atau peralatan yang mendukung dalam meraih impian

Kamu bisa mempersiapkan diri dalam meraih impian melalui sarana atau peralatan yang mendukung. Misalnya, kamu bermimpi menjadi desainer baju terkenal. Kenali sejak dini sarana atau alat-alat apa yang bisa membawamu untuk sampai ke sana. Membutuhkan peralatan atau sarana apakah para desainer itu? Jika kamu bermimpi menjadi arsitek hebat di masa depan, kenali juga sarana atau peralatan apa yang bisa mendekatkanmu pada impianmu.

Atau kamu ingin menjadi seorang ahli IT sehingga banyak perusahaan memakai jasamu, maka cari tahu juga sarana atau peralatan apa yang harus kamu kenali dan persiapkan. Semua itu membutuhkan usaha, proses, dan ketekunan. Jika kamu sudah mengenali sarana dan peralatan yang mendukung dalam meraih impian, maka kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik, misalnya menabung sejak dini untuk membeli atau menyewa peralatan tersebut pada saatnya.

Tidak mudah meraih impian. Dibutuhkan kerja keras dan cerdas. Dibutuhkan persiapan yang matang. Dibutuhkan pula mental yang kuat, karena kadang, orang yang punya impian itu malah diremehkan. Kamu bisa tidak dipercaya bisa meraih impianmu, apalagi impian itu dianggap sulit dicapai oleh banyak orang.

Tapi, jika di dalam dirimu ada keyakinan yang tinggi bahwa kamu bisa meraihnya, maka raihlah impianmu, sesulit apa pun, tanpa pernah lupa memanjatkan doa kepada Yang Kuasa agar berkenan memberkati semua impianmu. Semoga sukses dan kamu bisa meraih mimpi-mimpimu!