(LITERASI X-XII) Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Menjaga Kesehatan Mata

(LITERASI X-XII) Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Menjaga Kesehatan Mata

1. Makan Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan vitamin yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Sayuran hijau tersebut antara lain sawi, brokoli, dan kembang kol.
2. Jaga Kebersihan

enjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar merupakan cara menjaga kesehatan. Mandilah setiap hari, cuci tangan sebelum makan, dan setelah makan. Selain itu, tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin. Ajari anak untuk melakukan ini agar tubuhnya terlindungi dari penyakit.
3. Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin D


Mengonsumsi vitamin D merupakan cara menjaga kesehatan. Vitamin D dapat memperkuat kekebalan tubuh, pertumbuhan tulang menjadi baik, dan menguatkan jantung.
Makanan yang mengandung vitamin D antara lain kuning telur, jamur, ikan salmon, ikan tuna, dan hati sapi. Kamu juga boleh mengonsumsi suplemen namun konsultasikan dulu ke dokter.


4. Olahraga


Nah biasanya kamu jarang olahraga kan? Kamu bisa memulainya dengan berjalan kaki minimal 30 menit sehari. Dengan berolahraga, badan kamu bisa menjadi bugar dan sehat.


5. Minum Teh Hijau


Minum teh hijau merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Teh hijau dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
 

6. Istirahat Cukup


Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yakni tidur 8 jam setiap hari. Kalau tidur kurang dari 8 jam, makan tubuh akan menjadi tidak segar dan akan mengalami flu.


7. Kelola Stres


Kamu harus pandai-pandai mengelola stres. Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan kamu akan terserang penyakit.


Stres dapat memperlambat respons kekebalan tubuh. Salah satu cara menghilangkan stres yakni dengan latihan yoga.


8. Bersosialisasi


Bersosialisasi merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Jangan sampai kamu merasa kesepian karena akan meningkatkan stres.


9. Konsumsi Probiotik


Salah satu cara menjaga kesehatan yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme yang bisa membantu mencegah dan menanggulangi penyakit. Makanan yang mengandung probiotik antara lain tempe dan yoghurt.


10. Hindari Alkohol dan Rokok


Minum alkohol dapat merusak komponen penting dari sistem kekebalan tubuh atau sel dendritik. Minum alkohol dapat menimbulkan masalah ginjal, hati, hingga kanker. Selain alkohol, rokok dapat memicu penyakit pernapasan, kardiovakular, hingga kanker.