(Literasi Kelas XI) Sering Sulit Konsentrasi? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya, lo!

(Literasi Kelas XI) Sering Sulit Konsentrasi? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya, lo!

Bobo.id - Apakah teman-teman pernah merasa sulit konsentrasi

Sulit berkonsentrasi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama untuk kamu yang harus mengikuti kegiatan belajar di kelas.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab kita sulit berkonsentrasi.

1. Makanan yang Tidak Sehat

Menurut Laura Middleton, PhD, seorang ahli dari University of Waterloo di Ontario, kebiasaan makan yang buruk akan mengganggu kesehatan tubuh dan juga otak. Nah, ketika kita sakit karena makan yang tidak sehat, otak pun tidak dapat bekerja dengan maksimal untuk berkonsentrasi.

2. Tidur Tidak Berkualitas

Tidur adalah faktor penting yang mendukung kemampuan kita untuk berkonsentrasi. Orang yang kurang tidur cenderung mudah marah dan tidak dapat memproses informasi dengan baik. Konsentrasi pun akan terganggu ketika tubuh kita kurang istirahat karena proses metabolisme tubuh tidak berjalan dengan normal.

3. Terlalu Banyak Pekerjaan

Ada berapa banyak hal yang harus kamu selesaikan? Banyak pekerjaan menyebabkan beban pikiran pun menjadi banyak. Jika tidak bisa mengatur, maka semuanya bisa tidak selesai. Kebiasaan menunda juga bisa membuat pekerjaan menumpuk, sehingga saat mengerjakan satu hal, pikiran terganggu oleh hal lainnya. Buatlah daftar pekerjaan yang harus diselesaikan. Lebih baik lagi jika menetapkan tanggal penyelesaiannya.

 

4. Kurang Berolahraga

Olahraga bukan hanya untuk kesehatan otot, tetapi juga kesehatan otak. Kegiatan fisik seperti olahraga dapat membantu kita mencegah Alzheimer, gangguan kesehatan yang ditandai dengan penurunan fungsi otak secara drastis. Berolahraga di pagi hari juga ditemukan dapat meningkatkan konsentrasi pada saat kita belajar.

5. Perasaan Cemas

Apakah kamu orang yang mudah cemas?  Perasaan cemas sangat mungkin menyebabkan kita sulit berkonsentrasi. Padahal perasaan cemas itu muncul karena hal yang sebenarnya “belum pasti benar”. Jika perasaan ini mengganggu, sebaiknya hentikan terlebih dahulu kegiatan dan lakukan hal-hal menyenangkan hingga perasaan tenang kembali.

(Penulis: Putri Puspita)