(LITERASI KELAS XI) Cukup Mudah, Lakukan 7 Hal Ini Agar Peluang Suksesmu Lebih Besar

(LITERASI KELAS XI) Cukup Mudah, Lakukan 7 Hal Ini Agar Peluang Suksesmu Lebih Besar

Cukup Mudah, Lakukan 7 Hal Ini Agar Peluang Suksesmu Lebih Besar

 

 

Menjadi sukses adalah impian setiap orang. Namun definisi sukses bagi setiap orang pastinya berbeda-beda juga. Satu hal yang pasti bahwa setiap orang telah menetapkan goals tertentu yang ingin dicapai dalam hidupnya agar memenuhi stereotip personal-nya sebagai orang sukses.

 

 

Tak semudah membalikkan telapak tangan, mencapai kesuksesan sudah jelas bukan perkara mudah. Banyak perjuangan bahkan pengorbanan yang harus dilakukan. Pastinya meminimalkan risiko yang menghambat kesuksesan juga harus dipertimbangkan secara matang. Berikut ini 7 tips jitu agar peluang suksesmu menjadi lebih besar!

 

 

1. Jangan terlalu ambisius, kamu menjadi tidak berkembang karena hanya fokus pada hasil akhir

Jika  kamu over ambisius,  kamu  justru  akan  menjadi  sulit  untuk  berkembang.  Pikiranmu menjadi pendek dan tidak terbuka. Kamu akan cenderung berpikir tentang sukses, sukses, dan sukses. Fokusmu adalah hasil akhir, kamu jadi lupa memikirkan cara untuk mencapai kesuksesan. Alhasil, kamu tidak menikmati prosesnya.

 

 

Padahal dalam setiap proses terkandung banyak pelajaran yang mendukung kesuksesanmu. Kamu harus bisa mengontrol diri dan emosimu, jangan terlalu ambisius ya, nanti kamu malah salah fokus!

 

 

2. Jangan egois, kamu perlu peka terhadap lingkungan sekitarmu yang juga memiliki tujuan yang sama

Sebagai makhluk sosial, tentunya kamu tidak boleh egois. Kamu harus peka terhadap lingkungan sekitarmu. Jika suatu saat kamu mendapati orang-orang disekitarmu sedang mengalami kesulitan, jangan pura-pura tidak tau atau mengabaikannya. Bantulah sebisamu meskipun kamu juga punya kepentingan dalam mencapai goals-mu sendiri.

 

Jangan egois, selagi kamu berjuang, sadarlah bahwa orang lain juga berjuang. Meringankan beban orang lain sama saja meringankan bebanmu sendiri lho, percayalah bahwa kebaikan selalu berbalik dalam bentuk dan keadaan yang tidak kamu duga sekalipun. So, jangan egois ya!

 

3. Jangan sombong dan  keras kepala, kamu harus bisa menerima kritik dan saran  yang membangun

Kamu harus menyadari bahwa di atas langit pun masih ada langit. Jangan sok pintar dan seolah-olah paling tau. Bergurulah pada mereka yang sudah berpengalaman. Bisa jadi kamu akan mendapatkan ilmu baru yang bisa mengantarmu pada gerbang kesuksesan.

 

 

Jangan mentang-mentang kamu sudah belajar jadi tidak mau menerima kritik dan saran dari orang lain. Justru mereka sedang menunjukkan rasa simpatinya padamu saat mereka berani memberikan kritik atau saran padamu.

 

Mereka peduli padamu dan ingin berbagi petuah yang mungkin dulu telah mengantarnya pada kesuksesan. Jangan sombong, terkadang kamu perlu rendah hati lho!

 

 

4. Cobalah untuk berpikiran terbuka alias open minded terhadap segala permasalahan yang terjadi

Tidak semua yang kamu rencanakan akan berjalan mulus tanpa hambatan, mustahil! Justru hambatan adalah pembelajaran yang patut kamu syukuri. Jangan serta merta menyalahkan keadaan, menghakimi diri sendiri, dan terlalu emosial saat mengalami kegagalan. Kamu perlu bersikap open minded, agar kamu bisa menimbang-nimbang segala sesuatu dalam pandangan positif dan negatif.

 

 

Jika kamu mampu berpikir terbuka, kamu akan mudah memahami arti bersyukur dan kamu pun akan menyadari banyak hal berharga yang menjadi pembelajaran serta pengalaman untuk berjuang lagi. Kamu sudah menerapkannya, belum?

 

 

5. Jangan pesimis, buanglah pikiran-pikiran negatif dan mulai memotivasi diri untuk tetap semangat

Jika kamu pesimis, kamu justru akan mensugesti dirimu sendiri pada hal-hal negatif. Kamu secara tidak sadar memicu timbulnya konflik pada dirimu sendiri. Kamu menjadi sulit berdamai dengan logika dan perasaanmu. Jika hal ini terjadi, kamu butuh usaha ekstra untuk bangkit lagi dari keterpurukan lho.

 

 

Lebih baik tanamkanlah pikiran-pikiran positif agar kamu termotivasi kembali untuk tetap berjuang. "Kamu belum sukses jika kamu belum pernah gagal". Jadi jangan pesimis jika kamu mengalami kegagalan saat berjuang meraih apa yang kamu impikan. Setuju?

 

 

6. Lakukanlah evaluasi secara berkala pada diri sendiri dan lingkungan sekitarmu

 

Coba  pikirkan  baik-baik  apa  saja  yang  menjadi  kendalamu  untuk  sukses,  baik  yang bersumber dari dirimu sendiri atau dari lingkunganmu. Kamu harus jeli dan jujur saat melakukan evaluasi. Akui saja jika memang kamu kurang konsisten dan masih sering mengeluh saat menjumpai masalah. Bisa jadi hal tersebutlah yang menghambatmu untuk bangkit.

 

 

Atau  mungkin partner kerjamu  kurang  sportif  padamu.  Jadi,  lakukanlah  evaluasi  dengan bijak, jangan mengada-ada yang tidak ada atau meniadakan yang ada. Kamu harus sportif juga dalam melakukan evaluasi agar tau celahnya dimana!

 

 

7. Jangan malas, jangan takut gagal, dan jangan lupa berdoa, ingatlah bahwa manusia wajib berusaha

Takut gagal itu manusiawi, tapi jika dituruti terus, maka kamu akan benar-benar gagal karena tidak akan pernah mencoba. Kamu tinggal pilih, mau merasakan kegagalan atau tidak.

 

Tidak mau merasakan kegagalan, mungkin saja kamu akan aman, tapi hidupmu akan begitu- begitu saja. Sebaliknya, jika kamu mau merasakan kegagalan, kamu akan merasakan nikmatnya sebuah pembelajaran yang mengesankan.

 

 

Karena buah dari kegagalan itu akan kamu rasakan di masa depan, yaitu sebuah kesuksesan. Jangan lupa berdoa, karena Tuhan akan bersama orang-orang  yang mau berjuang untuk merubah nasibnya. Keep spirit, keep fighting!

 

 

Itulah  7 hal  yang bisa  memperbesar peluang suksesmu. Teruslah  berjuang karena kamu sendiri yang bisa merubah hidupmu menjadi lebih baik, bukan orang lain. Keep spirit, keep fighting, Keep praying, God is always with you!

 

 

Sumber:     https://www.idntimes.com/life/inspiration/nyonyah-naning/7-hal-ini-agar-peluang- suksesmu-lebih-besar-c1c2/full