(LITERASI KELAS XI) Apakah Kucing Besar Juga Suka Mendengkur Seperti Kucing Rumahan?

(LITERASI KELAS XI) Apakah Kucing Besar Juga Suka Mendengkur Seperti Kucing Rumahan?

 

Bobo.id - Pernahkah kamu mendengarkan suara mendengkur yang dikeluarkan oleh kucing? Dengkuran ini bukan suara seperti saat kita tidur, lo. Melainkan saat kucing sedang senang, atau sedang meredakan stres. Namun, kucing juga mendengkur saat ketakutan atau terluka. Suara dengkuran ini bisa keluar saat mereka menarik maupun menghela napas.

Nah, kalau kucing besar seperti harimau atau singa, mendengkur juga tidak, ya? Soalnya, kita lebih sering melihat kucing besar mengaum, atau mendengus.

Menurut  organisasi  suaka  Big  Cat  Rescue,  ada  15  jenis  kucing  di  alam  liar  yang  bisa mendengkur. Misalnya seperty lynx, serval, bobcat, caracal, ocelot, cheetah, dan cougar. Ini karena ada tulang di bagian tenggorokan kucing yang diseut dengan hyoid. Tulang hyoid ini tugasnya menopang pangkal tenggorokan dan lidahnya.

Pada kucing yang berukuran kecil, tulang ini keras dan kaku. Sehingga saat pangkal tenggorokan bergetar, tulang ini juga ikut bergetar dan menghasilkan suara mendengkur. Pada kucing besar, tulang hyoid ini tidak sepenuhnya keras, dan lebih fleksibel. Tulang hyoid pada kucing besar sebagian dihubungkan oleh jaringan ikat dengan tengkoraknya.

Nah, makanya, suara yang dihasilkan jadi berbeda juga, nih. Suara yang dihasilkan adalah suara menggeram yang dalam dan suara mengaum. Jadi, kucing besar seperti singa, harimau, jaguar atau leopard bisa mengaum tapi tidak bisa mendengkur. Namun, ada juga kucing besar yang bisa mendengkur, yaitu cheetah dan cougar. Ada juga yang mengatakan kalau kucing besar lainnya

yaitu harimau, singa, leopard dan jaguar juga bisa mendengkur. Tapi hanya saat menghela napas saja.