(LITERASI KELAS XI) 8 Kebiasaan yang Bisa Kamu Tiru dari Orang yang Selalu Tepat Waktu

(LITERASI KELAS XI) 8 Kebiasaan yang Bisa Kamu Tiru dari Orang yang Selalu Tepat Waktu

BELAJAR  tepat  waktu  adalah  bagian  penting  untuk  menjadi  orang   yang  dewasa. Sedangkan, selalu terlambat dalam setiap acara bukan sesuatu yang keren. Terlambat dalam menghadiri  wawancara  kerja,  rapat,  dan  jadwal-jadwal  sosial  bukan  hanya  tidak  sopan, namun juga bisa memengaruhi karier dan hubunganmu secara negatif.

 

Jika kamu merupakan seseorang yang memang selalu mengalami kesulitan untuk datang tepat waktu, berarti ada yang salah dalam kebiasaan-kebiasaanmu. Kamu harus mengubah gaya  hidupmu  dan  mengadopsi  kebiasaan-kebiasaan  baik  orang-orang  yang  selalu  tepat waktu dalam hidup mereka.

 

Bagaimana mereka melakukanya? Melansir She Knows, berikut adalah kebiasaan orang yang selalu tepat waktu, dan tentunya hal ini harus kamu tiru.

 

1. Mengatur waktu

 

 

Mereka yang tepat waktu selalu mempersiapkan semuanya sebelum berangakat, misalnya pakaian yang akan dikenakan, barang-barang yang akan dibawa, dan lain-lain. Anda tahu bahwa mencari sesuatu pada menit terakhir dapat membuat Anda terlambat. Jika Anda telah mengatur dan menyiapkan semuanya, kemungkinan Anda terlambat akan berkurang.

 

2. Memeriksa dan menghindari penundaan

 

 

Satu cara cepat untuk meningkatkan peluang Anda tepat waktu adalah memeriksa hal-hal yang berpotensi membuat Anda terlambat. Dengan memperhitungkan hambatan-hambatan yang mungkin terjadi dan menambah lebih banyak waktu untuk perjalanan. Meskipun tidak setiap penundaan dapat direncanakan, setidaknya mengetahui apa yang Anda hadapi dapat membuat Anda semakin mudah mencapai tujuan.

 

3. Menjadwalkan semuanya

 

 

Orang-orang  yang  tepat  waktu  biasanya  terhindar  dari  kewaspadaan  dan  terburu-buru. Mereka selalu membuat jadwal apa saja yang akan mereka lakukan. Sehingga mereka melakukan sesuai apa yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

 

4. Memiliki waktu tidur yang baik

 

 

Janji pagi hari tidak akan mengganggu orang yang menikmati tidur secara teratur. Untuk tiba di mana saja dengan tepat waktu setelah hanya tidur beberapa jam pasti akan sulit, sehingga menetapkan waktu tidur yang teratur membantu menjaga orang-orang yang tepat waktu.

 

5. Mengatur alarm dan pengingat cadangan

 

 

Banyak orang memiliki cerita buruk tentang bangun terlambat karena kesalahan teknis pada alarm. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan mengatur alarm dari beberapa perangkat, seperti ponsel dan jam digital, jadi jika salah satu gagal, masih ada alarm lainya. Namun, orang-orang tepat waktu juga memeriksa ulang alarm mereka untuk memastikan mereka tidak membuat kesalahan.

 

6. Tidak menekan tombol snooze

 

 

Tombol snooze dapat menjadi hal yang berbahaya. Dengan menunda waktu Anda bangun, Anda dapat kembali tidur lebih nyenyak yang dapat menyebabkan keterlambatan. Daripada mengambil risiko mengalami hal ini, orang-orang yang selalu tepat waktu selalu menghindari menekan tombol snooze.

 

7. Memperbaiki kesalahan

 

 

Kebanyakan orang, bahkan yang paling konsisten tepat waktu, pasti pernah mengalami terlambat setidaknya sekali seumur hidup. Namun, mereka yang selalu tepat waktu selalu belajar dari kesalahan yang membuat mereka terlambat dan tentunya memperbaiki perilaku mereka.

 

8. Menganggap pentingnya ketepatan waktu

 

 

Pikiran berdampak pada tindakan. Ketika orang merenungkan mengapa terlambat adalah masalah dan bagaimana itu dapat berdampak negatif pada diri mereka sendiri dan orang lain, menjadi tepat waktu secara teratur menjadi tugas yang lebih mudah.