(LITERASI KELAS XI) 7 ALASAN KENAPA KITA HARUS BERANI BERPENDAPAT

(LITERASI KELAS XI) 7 ALASAN KENAPA KITA HARUS BERANI BERPENDAPAT

PERCAYA DIRI

 

Percaya diri nggak akan pernah jadi hal yang buruk buat dimiliki. Contohnya, pas

kita lagi wawancara organisasi sekolah  atau pas kerja, orang yang percaya diri pasti keliatan lebih menarik. Selain dalam wawancara, negosiasi atau musyawarah dalam mengemukakan pendapat juga bisa bikin kita keliatan lebih punya suara ketimbang

diem aja di pojokan. Berpendapat secara terbuka bikin kita tampil lebih percaya diri.

 

 

 

 

MENCEGAH STRESS

 

Ternyata menahan pendapat yang ada di pikiran kita itu bisa bikin stres lho. Jadi kalo kita punya pendapat atau diminta buat memberikan pendapat, lebih baik kita menjelaskan semuanya. Yakin deh selama kita menyampaikannya dengan cara yang baik, pendapat kita bakal dihargain.

 

 

 

 

YOU HAVE SOMETHING TO LEARN

 

Dalam berpendapat kadang kita nggak tau apa pendapat kita udah bener atau belum. Nah, dari situ kita perlu nih buat mengoreksi atau dikoreksi apakah pendapat kita udah cukup beralasan atau relevan. Jadi sebelum bener-bener berpendapat, coba tanya dulu ke orang lain apa pendapat kita udah relevan apa belum, dan dengerin juga saran-saran dari orang yang udah ngasih saran ke pendapat kita.

 

 

 

 

LIFE WITHOUT REGRET

 

Pernah nggak sih kita lagi dimintain pendapat, karena takut pendapatnya nggak diterima atau dicuekin jadi bikin kita menghindar buat mengungkapkan pendapat kita. Ternyata hal kaya gitu bisa aja lho bikin kita nyesel karena nggak pernah mengungkapkan pendapat kita, pasti kalo inget kejadiannya kita langsung mikir “I wish I could say…” dengan perasaan yang nyesel banget.

 

 

 

 

KARENA KITA PUNYA HAK

 

Selain hak privasi dan hak-hak lainnya, ternyata hak berpendapat juga ada di dalam Undang-Undang lho. Hal ini tertulis di pasal 28E ayat (3) UUD 1945 yang bilang, “Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan

mengeluarkan pendapat”. Jadi, jangan takut buat berpendapat selama pendapat kita

itu nggak merugikan orang lain.

 

BELAJAR MENGETAHUI KESALAHAN

 

Nggak semua pendapat yang kita jelasin itu adalah benar, entah itu isinya atau cara penyampaiannya. Tapi ketika kita berani buat berpendapat, dan ada orang yang mengoreksi pendapat kita, kita jadi tau di mana kesalahan kita. Malah yang lebih salahnya lagi kalo kita nggak sama sekali berani buat berpendapat.

 

 

 

 

BE THE VOICE OF THE MAJORITY

 

Pas kita lagi ada di dalam rapat atau suatu perkumpulan yang lagi membicarakan suatu hal, biasanya kita diminta berpendapat soal hal tersebut. Nggak semua orang yang ada di rapat itu bakal berani berpendapat, biasanya alasannya karena takut atau malu. Nah gimana kalo kita yang angkat suara buat mereka? Siapa tau pendapat kita sama dengan mereka, dan akhirnya kita jadi voice of the majority!

 

http://www.gogirl.id/news/life/7-alasan-kenapa-kita-harus-berani-berpendapat-k15463.html