(LITERASI KELAS XI) 5 Negara dengan Wilayah Terkecil di Dunia, Mana Saja, ya?

(LITERASI KELAS XI) 5 Negara dengan Wilayah Terkecil di Dunia, Mana Saja, ya?

Bobo.id - Ayo, sudah pada tahu belum, ada berapa jumlah negara di dunia?

Menurut PBB, di dunia ada 195 negara, teman-teman. Namun jika Taiwan dan Kosovo dimasukkan dalam dalam daftar negara, jumlahnya jadi 197.

O ya, ada negara-negara yang wilayahnya sangat kecil, lo, teman-teman.

Bobo mau mengajak teman-teman bertandang ke negara-negara yang wilayah daratannya kecil ini, nih.

Kita mulai dari urutan ke lima, yuk!

San Marino

Negara ini dikelilingi oleh negara Italia, teman-teman. Total wilayahnya hanya 61 kilometer persegi, nih. San Marino hanya ditinggali sekitar 30.000 penduduk saja. Namun, setiap tahunnya ada sekitar 2 juta turis yang mengunjungi tempat yang termasuk dalam daftar situs warisan budaya dunia, Citta di San Marino. Negara San Marino juga dikenal karena keindahan pemandangan pegunungannya yang indah.

Tuvalu

Lebih kecil dari San Marino, ada negara Tuvalu! Dulunya, negara ini dikenal dengan nama kepulauan Ellice. Luas negara ini hanya 26 kilometer persegi, dan ditinggali sekitar 10.000 penduduk. Negara Tuvalu ini letaknya di Samudra Pasifik, di bagian timur laut Australia.

Nauru

Masih  di  dekat  Australia,  ada  lagi  negara  yang  kecil,  nih.  Nauru,  namanya!  Kalau  Nauru letaknya di bagian timur Australia. Negara ini juga merupakan negara kepulauan, sekaligus negara  kepulauan  terkecil  di  dunia.  Wilayah  negara  tersebut  besarnya  hanya  21  kilometer persegi. Meski banyak pemandangan laut yang indah, di pulau ini banyak orang yang menderita

obesitas karena masyarakat banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, atau makanan cepat saji.

Monaco

Ini nih negara yang benderanya mirip dengan bendera Indonesia. Ayo, tebak, berapa luas negara Monaco? Negara yang terletak di dekat Prancis ini luasnya hanya 2 kilometer persegi! Pulau ini dikenal sebagi tempat singgahnya orang-orang terkenal dan kaya raya, lo. Karena dekat dengan Prancis, orang-orang di negara ini banyak yang menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa sehari-hari. Meski tidak  terlalu luas, jumlah penduduk di sana ada 36.000 orang. Sehingga negara ini jadi negara kedua yang populasinya paling padat di dunia.

Vatikan

Nah, yang ini unik. Negara di dalam negara! Yap, Vatikan merupakan negara yang terletak di dalam negara Italia, tepatnya di dalam kota Roma. Vatikan menjadi negara dengan wilayah terkecil di dunia karena luas wilayahnya hanya 0,44 kilometer persegi. Negara ini merupakan tempat suci bagi umat Katolik di seluruh dunia, teman-teman. Di sana ada Gereja St. Peter's Basilica yang menjadi acuan bagi gereja-gereja Katolik di seluruh dunia. Di negara ini juga banyak museum dan bangunan yang arsitekturnya merupakan peninggalan Romawi, lo. Dari kelima negara ini, kamu ingin mengunjungi yang mana, nih?