(LITERASI KELAS X) Suka Main Ponsel di Toilet? Sebaiknya, Hentikan Kebiasaan Itu, yuk!

(LITERASI KELAS X) Suka Main Ponsel di Toilet? Sebaiknya, Hentikan Kebiasaan Itu, yuk!

Bobo.id – Banyak orang yang tak bisa lepas dengan ponselnya. Bahkan, ada beberapa orang yang suka main ponsel saat berada di toilet. Jika teman-teman termasuk orang yang suka main ponsel saat di toilet, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga.

Bakteri, Kuman, dan Virus

Di kedua tangan kita ada sekitar lima ribu bakteri, kuman, dan virus. Makhluk kecil yang ada di tangan kita itu bisa berpindah dengan mudah ke benda yang kita sentuh, salah satunya adalah ponsel.

Kamar mandi merupakan salah satu sarang bakteri. Gagang pintu, keran air, toilet, dan tuas pembilas (flush) ditempeli oleh bakteri, kuman, dan virus. Saat kita masuk ke kamar mandi, kita pasti memegang benda-benda di atas. Saat itulah, bakteri, kuman, dan virus di benda itu akan berpindah ke tangan kita.

Memainkan  ponsel  di  toilet  akan  membuat  bakteri,  kuman,  dan  virus  yang  ada  di  toilet menempel ke ponsel kita. Ponsel pun jadi semakin kotor. Saat kita menyiram urin dan feses, air yang digunakan bisa terciprat dan mengenai ponsel kita. Padahal, air yang sudah tercampur urin dan feses mengandung banyak sekali bakteri. Oh iya, saat kita mem-flush urin dan feses di toilet, akan ada uap berisi bakteri, kuman, dan virus yang beterbangan. Uap itu bisa mengenai ponsel kita dan membuatnya semakin kotor.

Karena alasan di atas, kita sebaiknya menghentikan kebiasaan membawa ponsel ke toilet. Lagi pula, toilet bukan tempat  yang nyaman untuk memainkan  ponsel. Jika teman-teman pernah membawa ponsel ke toilet, coba bersihkan ponselmu dengan alkohol. Namun, jangan lupa untuk mematikan ponsel sebelum dibersihkan.

Sekarang teman-teman sudah tahu, kan, kenapa kita tidak boleh membawa ponsel ke toilet?

Sumber: bobo.grid.id