(LITERASI KELAS X )SEJARAH BERDIRINYA YOUTUBE

(LITERASI KELAS X )SEJARAH BERDIRINYA YOUTUBE

Februari 2005, tiga orang mantan pegawai Paypal, Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim menciptakan sebuah situs dimana para penggunanya bisa mengunggah, melihat, dan berbagi video yang kemudian memberinya nama YouTube dan mendaftarkan domainnya yang beralamat di youtube.com pada 14 Februari 2005. Chad Hurley yang pernah belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sedangkan Steve Chen dan Jawed Karim yang pernah belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-

Champaign.

Menurut cerita yang berulang-ulang diterbitkan di media, Hurley dan Chen mengembangkan ide YouTube pada bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah mengalami kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Karim tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen berkomentar   bahwa   ide   YouTube   tercetuskan   setelah   pesta   makan   "tampaknya diperkuat oleh metode pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang mudah dicerna konsumen".

  Seperti kebanyakan  startup lainnya,  YouTube  memulai proyeknya  dengan biaya dari angel-investor  (sebutan  untuk  investor  informal  perorangan  yang  sering menginvestasikan  uangnya  ke  perusahaan/startup  baru)  dan  memulai  karirnya  dari garasi.  Butuh  waktu  3  bulan  bagi  mereka  untuk  merampungkan  YouTube  hingga akhirnya YouTube diperkenalkan ke publik pada bulan Mei 2005.

Pada awal-awal karirnya, YouTube memiliki kantor yang terbilang sangat kecil yang teletak di lantai dua sebuah ruangan  yang berada persis diantara  dua restoran,  yakni restoran  Pizzera dan Japanese  Cuisine.  Pintu masuknya  pun adalah  pintu kecil yang diapit oleh kedua restoran tersebut. YouTube berkantor di tempat ini sampai Oktober

2006

Video pertama yang diunggah ke YouTube adalah video berjudul Me at the Zoo oleh Jawed Karim (salah satu pendiri YouTube)  pada 23 April 2005. Video berdurasi  19 detik tersebut direkam oleh Yakov Lapitsky, pegawai awal YouTube di kebun binatang San Diego Zoo, California, Amerika Serikat (AS).

6 bulan sejak dirilis ke publik, YouTube kemudian memperoleh suntikan dana dari 3,5 juta dolar dari Sequoia  Capital.  Setelah itu dilanjutkan  lagi dengan tambahan  8 juta dolar dari Sequoia and Artis Capital pada April 2006.

Tetapi  siapa  yang  menyangka   kalau  pada  bulan  november   2006  pihak  youtube mendapat  tuntutan  dari Universal  Tube  &  Rollform  Equipment  karena  kemiripan domain yang hampir sama dengan www.youtube.com dan www.utube.com, mereka menuntut  karena  situs perusahaan  mereka telah dibanjiri  oleh para pengunjung  yang sedang mencari youtube. Tetapi setelah menempuh jalur hukum, akhirnya didapatkan

kesepakatan   bahwa  perusahaan  Universal  Tube  bersedia  mengganti  domain  situs mereka bernama www.utube.com menjadi www.utubeonline.com.

Semenjak  itu  YouTube  berkembang  sangat  pesat  dan  didaulat  sebagai  salah  satu website yang paling cepat berkembang di dunia. Bahkan saat itu YouTube berada di peringkat  5  situs  teramai  di  dunia  versi  Alexa,  mengalahkan  MySpace  yang  sudah berdiri jauh sebelum YouTube.

 Tidak lama berselang, akhirnya YouTube diambil-alih oleh Google dengan nilai yang sangat fantastis yakni 1,65 miliar dolar pada 9 Oktober 2006. Di tangan Google pula lah YouTube akhirnya semakin melejit hingga seperti sekarang.