(Literasi Kelas X) Mengapa Telur Berbentuk Oval, ya? Cari Tahu Rahasianya, yuk!

(Literasi Kelas X) Mengapa Telur Berbentuk Oval, ya? Cari Tahu Rahasianya, yuk!

Benda lain apa yang bentuknya seperti telur? Hmm.. sepertinya jarang ada, ya, teman- teman?

 

Bentuk telur sendiri sulit untuk dideskripsikan, nih. Bentuk yang paling mendekati adalah oval. Kata oval sendiri berasal dari bahasa Latin "ovum" yang artinya telur, lo. Menurut beberapa pendapat, bentuk telur ini terjadi karena evolusi. Karena bentuknya juga menyesuaikan di mana burung atau ayam tinggal, lo.

 

Kalau telurnya bentuknya bulat sempurna, apa yang akan terjadi, ya? Yap, telur bisa menggelinding keluar dari sarang dan bisa pecah. Karena telur memiliki ujung yang meruncing, ia akan membuat jalan melingkar kalau menggelinding. Jadi aman, deh.

 

Ini juga dibuktikan dengan burung-burung yang bersarang di tebing-tebing. Biasanya, mereka memiliki telur yang bentuknya lebih oval atau lebih runcing, sehingga lebih sulit untuk menggelinding keluar dari sarang.

 

Bentuk telur yang lebih oval juga membuat telur-telur bisa lebih hangat saat ditaruh berdekatan. Lalu, bentuk telur yang meruncing ini juga memudahkan induknya untuk mengeluarkan telur, lo. Di dalam tubuh induknya, telur berjalan melewati kloaka dan keluar dari lubang di bawah ekor. Bentuk telur yang meruncing membuat otot dari burung atau ayam lebih mudah menekannya ke luar.

 

Nah, itulah kenapa telur memiliki bentuk oval.

 

 

Sumber: bobo.grid.id