(LITERASI KELAS X) Ketahui Bakat Terpendam yang Anda Miliki dengan 5 Cara Ini

(LITERASI KELAS X) Ketahui Bakat Terpendam yang Anda Miliki dengan 5 Cara Ini

 

SETIAP orang terlahir dengan bakat dan kemampuan yang berbeda-beda. Masing-masing terlahir dengan keunikannya sendiri. Akan tetapi, tidak semua orang dapat mengidentifikasi bakat yang mereka miliki. Atau bahkan banyak yang bingung, sebenarnya apa bakat terpendam yang mereka miliki.

Jika sudah menemukan bakat diri sendiri, maka Anda dapat memanfaatkan sumber daya luar biasa yang akan membantu dalam setiap aspek kehidupan, termasuk mungkin bisnis Anda. Menemukan bakat Anda sebenarnya jauh lebih mudah daripada yang mungkin Anda sadari. Dilansir Okezone dari Americanexpress, Rabu (26/9/2018), berikut adalah 5 cara sederhana untuk mengetahui bakat tersembunyi dalam diri Anda:

Dengarkan orang lain

Orang-orang di sekitar Anda biasanya tahu apa bakat Anda, bahkan ketika Anda sendiri tidak menyadarinya. Jika Anda memikirkan apa bakat terpendam, mungkin orang-orang terdekat Anda akan memberi tahu apa yang mereka ketahui tentang diri Anda dan menemukan bakat terpendam itu. Namun terkadang, Anda tidak mendengarkan omongan mereka. Sekarang cobalah untuk mendengarkan pendapat mereka dan pertimbangkan.

Tentukan apa yang mudah

Adakah hal-hal yang Anda anggap sangat mudah untuk dilakukan atau dikerjakan, sementara yang lain mungkin berjuang untuk melakukan hal tersebut? Jika Anda memiliki hal demikian, mungkin itu adalah bakat atau kemampuan yang Anda miliki.

Nikmati

Setiap  orang  pasti  memiliki  sesuatu  yang  membuat  mereka  tertarik  dan  menikmati  hal tersebut. Dan ini tentu akan berbeda bagi setiap orang. Mungkin, di sinilah bakat terpendam yang belum Anda sadari. Sesuatu yang Anda nikmati atau membuat Anda tertarik untuk melakukannya justru adalah bakat yang Anda miliki.

Sesuatu yang Anda minati

Adakah topik perbincangan khusus yang Anda sukai untuk dibicarakan atau didiskusikan? Atau mungkin terkadang, saking Anda menyukai topik pembicaraan ini, teman-teman Anda sampai bosan membicarakannya atau bahkan tidak mengerti? Mungkin, sesuatu yang Anda minati tersebut juga menjadi tempat bersembunyinya bakat Anda. Hal yang Anda minati itulah sesungguhnya bakat pribadi Anda.

Tanyakan kepada orang lain

Tanyakan kepada semua orang yang Anda kenal yang akan memberi penilaian jujur tentang apa yang mereka pikirkan tentang bakat Anda. Minta mereka untuk mengabaikan kebiasaan buruk Anda dan membagikan satu atau dua hal yang menurut mereka dapat Anda tangani.

Tanyakan kepada banyak orang yang mengenal Anda, dan mereka juga kenal baik dengan diri Anda. Tanyakan satu-persatu teman Anda mengenai bakat yang mungkin Anda sendiri tidak sadari. Kompilasi hasil yang Anda dapatkan dari tiap teman dan kemungkinan Anda akan menemukan apa sebenarnya bakat yang dimiliki.