(LITERASI KELAS X) Hiu Melahirkan Anaknya, Apakah Ia Termasuk Mamalia? Cari Tahu, yuk!

(LITERASI KELAS X) Hiu Melahirkan Anaknya, Apakah Ia Termasuk Mamalia? Cari Tahu, yuk!

 

 

Bobo.id - Kalau hiu melahirkan anaknya, apa ia termasuk mamalia laut seperti paus atau lumba- lumba, ya? Cari tahu ciri mamalia terlebih dahulu, yuk.

Mamalia adalah hewan yang melahirkan dan memiliki kelenjar mamae. Kelenjar mamae ini dimiliki oleh hewan mamalia betina, sebagai tempat memproduksi susu untuk anaknya. Istilah mamalia sendiri berasal dari "mammary glands" atau kelenjar mamae. Nah, hiu sendiri rupanya bukan merupakan kelompok hewan mamalia, teman-teman.

Hiu termasuk ke dalam kelompok ikan atau lebih tepatnya ikan bertulang rawan (cartilaginous fish). Hiu sering dikira mamalia karena ia melahirkan anaknya. Selain itu, ukurannya juga besar seperti paus.

Nah, kalau paus, ia termasuk mamalia karena memberikan susu untuk anaknya, melalui kelenjar mamae. Selain karena tidak memiliki kelenjar mamae, hiu juga merupakan hewan berdarah dingin.

Hewan berdarah dingin adalah hewan suhu tubuhnya bergantung pada kondisi lingkungan. Jadi, suhu tubuh hiu diatur oleh perairan di sekitarnya. Sedangkan, mamalia merupakan hewan berdarah  panas,  teman-teman.  Suhu  tubuh  mamalia  akan  tetap  sama  meskipun  kondisi lingkungan di sekitarnya berubah.

Kemudian, mamalia memiliki rambut atau bulu di permukaan kulitnya. Bahkan, paus juga punya rambut tipis dan kecil, lo. Sedangkan, hiu memiliki sisik di tubuhnya, yang membantunya untuk berenang. Jadi, meski seekor hewan melahirkan, belum tentu ia mamalia, teman-teman. Karena, ada ciri lain yang memenuhi ciri mamalia.

Sumber: bobo.id