(Literasi Kelas X) Dampak Pola Makan Tidak Teratur Bagi Tubuh

(Literasi Kelas X) Dampak Pola Makan Tidak Teratur Bagi Tubuh

Dewasa ini, masyarakat cenderung tidak memperhatikan kesehatan dari tubuh. Mobilitas tinggi di perkotaan tak jarang membuat waktu makan masyarakat di perkotaan menjadi tidak teratur. Ketepatan waktu untuk asupan gizi atau jam makan menjadi hal yang cukup sepele untuk orang-orang bekerja. Padahal waktu makan adalah hal yang cukup penting untuk kesehatan tubuh seseorang. Tak jarang berbagai macam obat-obatan menjadi sebuah konsumsi wajib bagi masyarakat seperti obat sakit kepala, obat penyakit lambung serta obat-obatan lainnya.

Lebih meprihatinkannya lagi, terkadang banyak orang yang sering telat makan dengan alasan diet. Mirisnya, cara diet yang di anut adalah cara yang salah. Apakah kamu tahu banyak penyakit yang menyerang orang-orang yang memiliki pola waktu bakan yang berantakan? Berikut ini adalah penyakit yang dapat menyerang manusia saat pola makan tidak teratur.

  1. Berat badan membengkak

Kamu harus tahu bahwa jam makan untuk manusia ditentukan dari jam tidur mereka sendiri. Bila ritme asupan makanan tidak sesuai dengan aturan jam tidur, tentu akan terjadi penumpukan energi berlebih yang kemudian menjadi timbunan lemak berskala besar. Jam biologis manusia untuk merasakan lapar serta lelah akan merubah karena makan tidak tepat di waktu sinyal rasa lapar itu diberikan.

 

  1. Kadar gula dalam darah tinggi

Kadar gula meningkat karena asupan dari makanan yang tidak tercerna dengan baik. Seluruh zat lemak dan gula akan terserap dalam darah. Ingat, hal ini mudah untuk meningkatkan kadar gula dalam diri manusia tinggi. Hal yang lebih bahaya, resiko diabetes tentu akan lenbih berpeluang besar untuk diraskan oleh korban.

 

  1. Hormon berubah

Tentunya hormon dalam tubuh manusia akan ikut berubah. Hormon tidak seimbang karena asupan tidak sesuai dengan waktu yang seharusnya. Tidak keseimbangan hormon ini tentu akan menyebabkan kepada peningkatan berat badan.

 

  1. Pencernaan tersendat

Pencernaan merupakan hal terpenting untuk mengolah makanan untuk di buang. Namun dengan gaya makan yang tidak teratur, hal ini dapat berdampak kepada tersendatnya pencernaan. Misalnya seperti naiknya asam lambung atau GERD. Selain lambung GERD dapat mengiritasi kerongkongan. Kalau sudah begitu, tentu kamu harus segera mencari cara untuk mengatasi iritasi kerongkongan akibat GERD.

Dengan menjaga waktu makan secara teratur, tentu kamu dapat menghindari banyak penyakit perut. Kamu harus menyeimbangkan waktu tidur dengan waktu makan agar metabolisme atau sistem kerja pada tubuh tetap berjalan. (VIKW)

 

Sumber: http://seizurechicken.com/dampak-pola-makan-tidak-teratur-bagi-tubuh/