(Literasi) KONSEP DIRI

(Literasi) KONSEP DIRI

KONSEP DIRI

1. Pengertian Konsep Diri

Konsep diri merupakan sifat yang unik pada manusia yang selalu menjadi pembicaraan yang akan membedakan manusia dengan makhluk ciptaan lainnya. Konsep diri seseorang dinyatakan  melalui  sikap  dirinya  yang  merupakan  aktualisasi  orang  tersebut.  Berhubungan dengan pengenalan diri.

Konsep diri dari empat sudut pandang, yakni:

1.   Konsep  diri  positif  (tinggi)  dan  konsep  diri  negatif  (rendah).  Sudut  pandang  ini digunakan untuk membedakan apakah kita memandang diri sendiri baik (positif) atau buruk (negatif).

2.Konsep diri fisik dan konsep diri sosial. Sudut pandang ini membedakan pandangan diri kita sendiri atas pribadi kita dan pandangan masyarakat atas pribadi kita.

3.Konsep diri emosional dan konsep diri akademis. Dengan sudut pandang ini kita bisamembedakan pandangan diri sendiri yang dipengaruhi oleh perasaan/faktor psikologis dan yang secara ilmiah bisa dibuktikan.

4.Konsep diri riil dan konsep diri ideal. Sudut pandang ini membedakan diri kita yang nyata

/sebenarnya dan yang kita cita-citakan.

2. Pembagian Konsep Diri

1. Konsep diri positif: Konsep diri yang positif akan berkembang jika seseorang mengembangkan sifat-sifat yang berkaitan dengan ‘good self esteem’, ‘good self confidence’, dan kemampuan melihat diri secara realistik.

2.   Konsep   diri   negatif:   Konsep   diri   yang   negatif   akan   muncul   jika   seseorang mengembangkan perasaan rendah diri, merasa ragu, kurang pasti serta kurang percaya diri.

3. Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri

Burns (1993) menyebutkan bahwa secara garis besar ada lima faktor yang mempengaruhi perkembangan konsep diri, yaitu :

q  Citra fisik

q  Bahasa

q  Umpan balik dari lingkungan

q  Identifikasi dengan model dan peran jenis yang tepat

q   Pola asuh orang tua.

4. Hambatan dalam Membangun Konsep Dir

1.   Hambatan yang berasal dari lingkungan

2.   Hambatan yang berasal dari individu sendiri