"Green Technology" Teknologi di Masa Depan

"Green Technology" Teknologi di Masa Depan

Apa itu Teknologi Hijau ?

Jika kita lihat ke masa lampau menuju awal kebangkitan peradaban manusia, maka salah satu kunci keberhasilannya ialah adanya teknologi yang terus berkembang.

“Teknologi” lebih bermakna sebagai penerapan pengetahuan untuk tujuan praktis. Sedangkan “teknologi hijau” adalah teknik untuk menghasilkan energi dan/atau produk yang tidak mencemari atau meracuni lingkungan hidup. Teknologi hijau masih terus dikembangkan hingga saat ini.

Untuk masa datang, “teknologi hijau” merupakan suatu bidang yang akan melahirkan banyak inovasi dan perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Boleh dikatakan perkembangan teknologi hijau ini dapat disejajarkan dengan ledakan “teknologi informasi” selama dua dekade terakhir ini.

Perkembangan teknologi hijau semakin pesat, antara lain meliputi :
1.  Konsep keberlanjutan, di mana kebutuhan masyarakat secara terus-menerus dapat dipenuhi tanpa merusak atau menghabiskan sumber daya alam.
2.  Konsep daur ulang, di mana dalam proses produksi manufaktur dirancang sedemikian rupa supaya dapat didaur-ulang atau digunakan kembali.
3.  Konsep pengurangan limbah dan polusi, di mana pola produksi dan konsumsi diubah sedemikian rupa sehingga hanya menghasilkan seminimal mungkin limbah dan polusi.
4.  Konsep inovasi, dalam hal selalu berupaya mengembangkan teknologi alternatif.
5.  Konsep viabilitas, intinya ialah bagaimana kegiatan teknologi dan produksi senantiasa ramah lingkungan.
 
Teknologi hijau antara lain meliputi bidang studi :
 
1.  Energi – Masalah yang paling mendesak untuk teknologi hijau adalah energi, termasuk pengembangan bahan bakar alternatif, serta dikembangkannya cara baru untuk menghasilkan energi, termasuk efisiensi energi.
2.    Green building,  meliputi segala sesuatu dari pemilihan bahan bangunan ke lokasi bangunan itu berada. Dalam hal ini metode dan produk yang digunakan menimbulkan dampak yang sekecil mungkin terhadap lingkungan.
3.    Kimia hijau (Green chemistry), dalam proses penemuan, desain dan aplikasi proses dan produk kimia semaksimal mungkin menghilangkan penggunaan bahan berbahaya beracun beserta turunannya.
4.   Nanoteknologi hijau (Green nanotechnology), merupakan manipulasi bahan pada skala nanometer, sepermilar meter. Dalam hal ini Nanoteknologi hijau merupakan penerapan prinsip kimia hijau dan teknik hijau (Green engineering) untuk beragam bidang.
 
Lantas, bagaimana supaya teknologi ini dimanfaatkan dengan baik dan benar? Ya, jawabannya adalah teknologi hijau (green technology) juga harus diaplikasikan di berbagai penjuru Planet Bumi, oleh siapapun dan kapanpun. Selain dalam aplikasi, teknologi hijau juga perlu didukung melalui inovasi. Siapapun berhak memikirkan keberadaan "rumah" tempat tinggalnya, bagaimana supaya "rumah" tersebut tetap nyaman dan menyehatkan penghuninya, tentu saja hindari berbagai aktivitas dan pemanfaatan teknologi yang menimbulkan polutan dan limbah. Nah, bagaimana dengan lingkungan sekolah kita? Yuk, Mari sama-sama kita dukung perkembangan teknologi hijau dengan tidak mencabuti tanaman yang ada di lingkungan sekitar.