Fosil Spesies Baru Dinosaurus Ditemukan di Inggris, Ini Penjelasannya

Fosil Spesies Baru Dinosaurus Ditemukan di Inggris, Ini Penjelasannya

Spesies dinosaurus baru yang hidup di zaman Jurassic baru saja ditemukan, nih, teman-teman. Dinosaurus yang termasuk dalam spesies pterosaurus ini punya ciri khas bentuk tubuh  yang  unik  dan  paruhnya  berbentuk  seperti  sayap.  Dinosaurus  ini  pun  diberi  nama Klobiodon rochei berdasarkan penampilannya yang unik, yaitu paruh yang dipenuhi gigi taring.

 

Nama Klobiodon berarti gigi kurungan, dan dipilih karena dinosaurus ini memiliki gigi-gigi yang panjangnya 26 sentimeter dan saat mengatup bentuknya mirip kurungan, lo. Sedangkan nama rochei diambil dari nama seniman buku komik, Nick Roche yang sering menggambar binatang buas yang punah secara ilmiah.

 

Reptil yang bisa terbang ini hidup sekitar 166 juta tahun yang lalu di daerah yang saat ini menjadi Inggris selatan-tengah. Spesies baru ini ditemukan oleh para peneliti di antara fragmen tulang yang diambil dari lapisan batu tulis yang ada sekitar 16 kilometer dari kota Oxford, Inggris.

 

Oh iya, Klobiodon sebenarnya sudah dikenal selama beradab-abad, diarsipkan di museum, dan dilihat oleh banyak ilmuwan. Tapi karena banyaknya spesies lain, maka Klobodiodon terabaikan oleh  para  peneliti,   nih,  teman-teman.   Michael   O'Sullivan,  paleontolog  dari   Universitas Portsmouth dan juga peneliti lainnya akhirnya menyadari kalau tulang-tulang yang ditemukan berasal dari spesies dinosaurus baru.

 

Hal ini disadari ketika mereka sedang menyisir lebih dari 200 spesimen dari lapisan batu tulis Inggris, dan awalnya mereka bertujuan untuk memasukkan semuanya ke pohon keluarga dinosaurus.

 

Nah, hal yang menyebabkan Klobiodon terabaikan dari penelitian para ilmuwan karena saat dinosaurus ini hidup, iklim tempat tinggalnya lebih hangat. Bahkan saat itu bisa dibilang Inggris Raya merupakan rangkaian pulau tropis, lo.

 

Karena itulah, para peneliti Inggris lebih banyak berfokus di reptil laut dan amon, yaitu sejenis moluska  laut  dan  cenderung  mengabaikan  spesies  reptil  terbang.  Dengan  gigi  berbentuk kurungan yang dimiliki Klobiodon, ikan dan cumi-cumi yang menjadi makanan dinosaurus ini akan sulit lolos dari mulut Klobiodon, lo.

 

Selain punya gigi taring yang bentuknya tidak biasa, Klobiodon juga memiliki tubuh yang besar, nih, bahkan lebar sayapnya saja mencapai dua meter! Klobiodon juga menjadi penemuan yang menarik bagi para peneliti, lo, karena pada periode Jurassic, hanya sedikit pterosaurus yang memiliki gigi. Para peneliti merasa beruntung karena menemukan tulang rahang bawah dan gigi- gigi Klobiodon yang nantinya akan memungkinkan peneiliti untuk mengidentifikasinya sebagai spesies baru.

 

 

Sumber: bobo.grid.id