Cara Sepele yang Jika Dibiasakan Bisa Mendongkrak Rasa Percaya Diri

Cara Sepele yang Jika Dibiasakan Bisa Mendongkrak Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri sangat dibutuhkan oleh semua orang untuk mengarungi hidup yang penuh tantangan. Jika tak ada rasa percaya diri, seseorang mungkin saja tumbang dalam kegagalan dalam menjawab setiap rintangan yang dilewati. Maka tak salah jika kepercayaan diri jadi salah satu faktor kunci kesuksesan.

 

Namun, menumbuhkan rasa percaya diri memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh usaha dan konsistensi agar rasa percaya diri makin tumbuh dan terawat dalam diri masing-masing. Apalagi, kita sudah menyongsong tahun baru yang pastinya menghadirkan tantangan baru pula. Agar kamu makin pede di tahun baru berikut ini ada enam cara yang wajib kamu terapkan secara konsisten tiap harinya.

 

1. Bersyukur

 

 

Kepercayaan diri seseorang bisa tumbuh lewat rasa syukur yang selalu dipanjatkan. Rasa syukur yang terlontar adalah wujud betapa kita sebagai manusia begitu menghargai setiap pemberian dari Tuhan serta capaian yang telah diperoleh sebelumnya.

 

Ucapan syukur ini secara tidak langsung dapat membuat kita percaya bahwa tak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Pemikiran inilah yang harus selalu tertanam agar tingkat kepercayaan diri untuk menaklukkan berbagai tantangan semakin meningkat.

 

2. Tulis hal-hal yang disuka

 

 

Membuat daftar hal-hal yang disuka jadi salah satu hal yang layak dilakukan untuk menambah rasa percaya diri. Kamu bisa mencatat berbagai hal yang selama ini dirimu suka. Catat lah lagu favorit, film kesukaan hingga kegiatan apa yang membuatmu bahagia. Dengan membuat daftar tersebut kamu akan menumbuhkan kecintaan pada diri sendiri yang kelak akan berdampak pada rasa percaya diri yang makin tinggi.

 

3. Sempatkan waktu untuk hobimu

 

 

Kesibukan bukan jadi alasan untukmu melupakan hobi yang selama ini sudah kamu lakukan. Kamu perlu menyempatkan waktu untuk kembali bergelut dengan hobi yang mungkin sudah tak kamu jamah karena merasa tak punya waktu luang.

 

Dengan meluangkan waktu untuk hobi, pikiranmu akan menjadi lebih santai sekaligus membuat dirimu menjadi lebih senang. Hati yang senang akan membuat kepercayaan diri juga bertambah.

 

4. Berinteraksi dengan orang terdekat

 

 

Saat kesibukan melanda seolah dirimu tak punya waktu untuk bercengkerama dengan orang terdekat. Padahal, berbincang dengan teman, saudara, atau bahkan keluarga bisa jadi cara menemukan potongan dirimu yang selama ini tak kamu sadari. Saran atau masukan yang mereka sampaikan padamu bisa jadi kunci menggabungkan puzzle dirimu yang hilang dan membuatmu semakin optimis dalam mengarungi kehidupan.

 

5. Berani akui rasa malu yang dirasakan

 

 

Salah satu faktor yang membuatmu tak percaya diri adalah rasa malu. Malu bertemu orang baru, berbicara di depan umum sampai segan menyuarakan pendapat jadi beberapa rasa malu yang disering dirasakan kebanyakan orang dan terkadang tak diakui oleh mereka.

 

Agar bisa lepas dari rasa malu maka dirimu perlu mengakuinya. Mengakui bahwa dirimu masih punya rasa malu adalah tanda bahwa kamu bisa menerima diri sendiri apa adanya. Setelahnya, kamu perlu memperbaiki sikapmu agar rasa malu itu tak kembali hadir. Konsistensi memperbaiki sikap inilah yang akan membawamu pada rasa percaya diri yang tinggi.

Sumber

Artikel : idntimes.com

Gambar : google .com

 

 

 

 

Sumber:  https://www.idntimes.com/life/inspiration/dewa-putu-ardita/6-cara-sepele-yang-jika- dibiasakan-bisa-mendongkrak-rasa-percaya-diri-1