Bagaimana sih Agar Mudah Belajar Bahasa Inggris?

Bagaimana sih Agar Mudah Belajar Bahasa Inggris?

Sebelum kita mengetahui cara mudah untuk belajar bahasa Inggris, kita cari tahu dulu yuk! Apa sih sejarah bahasa Inggris itu.

Berdasarkan artikel dari Wikipedia.org, Bahasa Inggris atau English merupakan bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada Abad Pertengahan Awal dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Bahasa Inggris dituturkan sebagai bahasa pertama oleh mayoritas penduduk di berbagai negara, termasuk Britania Raya, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan sejumlah negara-negara Karibia; serta menjadi bahasa resmi di hampir  60 negara berdaulat. Bahasa Inggris adalah bahasa ibu ketiga yang paling banyak dituturkan di seluruh dunia, setelah bahasa Mandarin dan Bahasa Spanyol. Bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa kedua dan bahasa resmi oleh Uni Eropa, Negara Persemakmuran, dan Perserikatan Bangsa-bangsa, serta beragam organisasi lainnya. Nah! Itu merupakan pembahasan singkat mengenai bahasa Inggris. Sekarang mari kita simak apasajakah cara mudah untuk belajar bahasa Inggris, antara lain:

1.   Ikut Bernyanyi Bersama Lagu Favorit!

Ada berapa banyak lagu dengan lirik berbahasa Inggris yang menjadi favoritmu? Pasti banyak! Dan tahukah kamu bahwa lirik yang biasanya digunakan dalam lagu itu memiliki banyak kesamaan dengan percakapan kita sehari-hari? Dengan membiasakan diri ikut bernyanyi atau setidaknya bergumam dengan lagu, kamu akan menjadi terbiasa untuk mendengar kosakata bahasa Inggris, cara pengucapannya, intonasi, dan penekanan dalam setiap kalimat. Lagu-lagu seperti “Here comes the sun”dan “I will always love you” menggunakan banyak kalimat dasar dengan kosakata yang ringan, cocok untuk kamu yang baru mau mecoba! Belajar bahasa Inggris dan sing along!

2.   Membaca Dialog dengan Lantang!

Untuk melatih kemampuan vokal dan pronunciation, kamu bisa lakukan cara mudah ini. Cetaklah dialog sederhana yang banyak bisa kamu temukan di Internet. Lalu cobalah untuk membaca dialog tersebut dengan suara lantang, dan lakukan secara berkala. Dengan melakukan aktivitas ini, kamu akan mengetahui kosakata apa yang sulit untuk diucapkan, ataupun perlu diperbaiki lagi. Karena, kesalahan dalam pengucapan biasanya akan membuat kegiatan membaca seseorang tersendat.

3.   Menonton Video, Lalu Tiru!

Selain melalui musik, kamu bisa mecoba metode berikut ini untuk mengasah kemampuan bahasa Inggrismu. Tontonlah video berbahasa Inggris di YouTube, misalnya vidio vlogger asing. Coba dengarkan kalimat yang ia ucapkan, hentikan vidio sejenak, lalu tirukanlah dan ucapkan kalimat tersebut dengan merekam suaramu melalui ponsel. Lalu bandingkan hasil rekaman suaramu dengan vidio yang kamu tonton. Terus ulangi hingga kamu terbiasa mengucapkan kalimat dalam bahasa Inggris dengan aksen dan dialek yang jelas

4.   Pelajari Short Automatic Respond

Banyak respon-respon pendek yang sering digunakan dalam bahasa Inggris, dan tugasmu adalah untuk mencoba menggunakan kalimat tersebut sesering mungkin. Contohnya adalah seperti (alright, of course, you’re welcome, no problem, no way! dan lainnya). Dengan banyak menggunakan kalimat dan respon singkat, kamu akan menjadi terbiasa menjawab pertanyaan bahasa Inggris dengan singkat dan tanpa keraguan.

5.   Berlatih Story-telling

Dalam sebuah cerita, biasanya banyak menggunakan berbagai jenis tenses. Dan ini merupakan cara yang sangat baik untuk membiasakan dirimu dengan berbagai jenis tenses yang digunakan dalam bahasa Inggris. Selain itu, dalam story-telling kamu dituntut untuk bisa mengekspresikan setiap kalimat dan menyampaikan pesan yang ada dalam cerita kepada audiens.

6.   Pilih Aksen Favoritmu dan Latih!

Bahasa Inggris memang dipengaruhi oleh banyak budaya, sehingga memiliki banyak aksen dan dialek sebagai hasilnya. Aksen dalam bahasa Inggris yang paling dikenal secara umum adalah aksen American English dan British English.Tentukanlah jenis aksen yang ingin kamu gunakan, dan terus gunakan dalam percakapan sehari-hari.

7.   Temukan Figur Inspiratifmu!

Siapa aktor atau figure terkenal favoritmu? Dan apa yang membuat mereka menjadi tokoh dan pembicara yang sangat dikenal? Misalnya Barack Obama, Beyonce atau Steve Jobs? Dengarkanlah pidato-pidato mereka dan amati! Kemudian tiru gaya berbicara dan cara pembawaan mereka dalam berpidato. Lakukanlah hal ini karena kamu pasti tidak mau kan terdengar seperti anak kecil dengan kosakata yang terbatas saat berpidato atau berbicara dengan Bahasa Inggris?

Nah! Itulah bebrapa cara mudah untuk cepat belajar bahasa Inggris. Bagaimana pendapatmu? Apakah menurutmu masih ada cara mudah lainnya? Jika ada mari berbagi dikolom komentar.

Sumber :

Artikel   : blog.wallstreetenglish.co.id

Gambar : Google.com