(Literasi Kelas XI) Apa yang Akan Terjadi Jika Pesawat Tersambar Petir saat Terbang?

(Literasi Kelas XI) Apa yang Akan Terjadi Jika Pesawat Tersambar Petir saat Terbang?

Bobo.id Pesawat adalah salah satu alat transportasi yang bisa membawa banyak penumpang dalam sekali perjalananv Pesawat sering kali terbang melewati awan-awan atau bahkan menembusnya. Awan yang ada di langit mengandung muatan listrik, terutama awan mendung yang membawa air hujan. Muatan listrik inilah yang bisa menjadi petir dan menyambar apa saja, termasuk pesawat.

Lalu, apa yang akan terjadi kalau pesawat yang sedang terbang dan dekat dengan awan mendung tersambar petir?

Yuk, kita cari tahu penjelasannya di sini!

Bersinar Biru seperti Lampu

Seperti yang tadi Bobo sudah jelaskan, pesawat sering kali menembus awan-awan yang ada di sekitarnya saat terbang.

Yap, itu berarti pesawat juga bisa menembus awan mendung yang penuh dengan muata listrik. Saat pesawat berada di dalam awan mendung ini, muatan listrik ini akan ditangkap oleh beberapa bagian tertentu di pesawat. Pesawat akan terlihat seolah-olah bersinar biru seperti lampu neon. Inilah yang disebut sebagai St. Elmo’s fire atau api St. Elmo.

Sinar biru ini akan terlihat di sekitar baling-baling dan di bagian tajam dari pesawat. Di saat itu, ada getaran-getaran ringan yang dirasakan oleh penumpang di dalam pesawat. Keadaan ini juga mengganggu sinyal gelombang radio dan proses komunikasi antara pilot dengan pengatur lalu lintas udara atau air traffic controller (ATC).

Bisakah Pesawat Meledak?

Semakin lama pesawat menembus awan mendung, semakin banyak juga muatan listrik yang ditangkap oleh pesawat. Akibatnya, pesawat akan melepaskan muatan listriknya itu ke sebuah awan dalam bentuk petir.

Namun begitu, pesawat tidak akan rusak ataupun meledak saat tersambar petir, teman-teman Biasanya, kerusakan yang dialami pesawat hanya di ujung sayap atau ujung ekor yang sedikit terbakar.

Sedangkan tangki bahan bakar tidak akan terkena sambaran petir karena terlindungi oleh logam khusus.

Selain itu, pesawat sekarang ini sudah dilengkapi dengan teknolgi-teknologi canggih yang berfungsi untuk menangkal petir.

Kalau cuaca benar-benar tidak mendukung, pihak ATC juga pasti tidak akan mengizinkan pesawat untuk berangkat. Tidak perlu khawatir kalau pesawat yang teman-teman tumpangi tetap berangkat saat badai.

Itu berarti perjalanan teman-teman aman karena pesawat sudah diizinkan terbang oleh petugas ATC.

sumber :

bobo.grid.id

google.com